Blog

Rahasia Terungkap! Begini Cara Mudah Deteksi Lagu Dari Video Online

Deteksi lagu dari video online bisa menjadi salah satu cara untuk menemukan lagu favorit yang sedang diputar atau diunggah di platform media sosial. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mendeteksi lagu dari video online dengan cepat dan akurat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan:

1. Menggunakan Aplikasi Pengenal Lagu

Aplikasi pengenal lagu adalah salah satu cara paling populer untuk mendeteksi lagu dari video online. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan, seperti Shazam, SoundHound, dan Musixmatch. Cara kerjanya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut, menekan tombol “deteksi”, dan mengarahkan mikrofon perangkat Anda ke sumber suara lagu yang ingin Anda deteksi. Aplikasi tersebut akan mencocokkan suara yang didengar dengan database lagu yang ada dan memberikan informasi tentang judul lagu, artis, dan album.

2. Menggunakan Mesin Pencari

Mesin pencari seperti Google juga bisa digunakan untuk mendeteksi lagu dari video online. Anda cukup menyalin lirik atau potongan lirik yang Anda dengar dari video tersebut, kemudian tempelkan di kolom pencarian Google. Mesin pencari akan menampilkan hasil yang relevan dan mungkin saja menemukan judul lagu yang Anda cari berdasarkan lirik yang Anda berikan.

3. Menggunakan Fitur YouTube

Jika Anda menemukan lagu yang disukai di video YouTube, Anda bisa memanfaatkan fitur “Show more” yang ada di deskripsi video tersebut. Pada bagian deskripsi, terkadang pembuat video menyertakan informasi tentang lagu yang digunakan dalam video tersebut. Anda bisa menemukan judul lagu dan artisnya di sana.

4. Menggunakan Plugin Browser

Ada beberapa plugin browser yang dapat membantu Anda deteksi lagu dari video online dengan mudah. Misalnya, Chrome Extension seperti “AHA Music” atau “Soundcloud Music Downloader”. Anda hanya perlu menginstal plugin tersebut pada browser Anda, lalu aktifkan saat Anda mendengarkan lagu yang ingin Anda deteksi. Plugin ini akan memberikan informasi tentang lagu tersebut secara otomatis.

5. Berkomunikasi Langsung dengan Pembuat Video

Jika Anda tidak menemukan informasi tentang lagu yang diputar di video online, Anda bisa mencoba berkomunikasi langsung dengan pembuat video. Biasanya pembuat video akan senang menjawab pertanyaan dari penonton tentang lagu-lagu yang digunakan dalam videonya. Anda bisa meninggalkan komentar di video tersebut atau mengirim pesan langsung kepada pembuat video melalui platform media sosial yang digunakan.

6. Memanfaatkan Forum Musik

Forum-forum musik online juga bisa menjadi tempat yang baik untuk mencari informasi tentang lagu yang ingin Anda deteksi. Anda dapat bergabung dengan forum tersebut dan membuat postingan dengan deskripsi singkat tentang lagu yang ingin Anda cari. Member forum yang lain mungkin memiliki informasi lengkap tentang lagu yang Anda cari atau bahkan dapat membantu Anda mendeteksinya.

Dengan menggunakan berbagai cara di atas, Anda dapat dengan mudah mendeteksi lagu dari video online yang sedang Anda tonton. Setiap metode memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi Anda bisa mencoba beberapa cara sekaligus untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button