Blog

Ini Dia Cara Cek Hp Oppo Bekas yang Bajakan! Simak Yuk!

Membeli HP bekas bisa menjadi salah satu pilihan yang ekonomis untuk mendapatkan smartphone berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli HP Oppo bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Salah satu hal yang penting adalah melakukan pengecekan secara teliti terhadap kondisi HP Oppo bekas tersebut. Berikut ini adalah cara-cara cek HP Oppo bekas yang dapat membantu Anda dalam memilih smartphones bekas yang masih dalam kondisi baik.

1. Periksa Kondisi Fisik Secara Keseluruhan

Kondisi fisik merupakan hal yang pertama kali perlu Anda periksa saat membeli HP Oppo bekas. Pastikan tidak ada goresan atau kerusakan pada body, layar, atau bagian lain dari smartphone tersebut. Periksa juga tombol-tombol di HP Oppo bekas tersebut apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

2. Pastikan IMEI HP Oppo Bekas

IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan kode unik yang dimiliki oleh setiap smartphone. Pastikan untuk memeriksa IMEI HP Oppo bekas yang ingin Anda beli untuk memastikan bahwa HP tersebut tidak berasal dari hasil kejahatan seperti pencurian.

3. Cek Kelengkapan Aksesoris

Periksa kelengkapan aksesoris yang disertakan ketika Anda membeli HP Oppo bekas. Pastikan semua aksesoris seperti charger, kabel data, dan earphone masih lengkap dan berfungsi dengan baik.

4. Periksa Kapasitas dan Kinerja Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah smartphone. Pastikan untuk memeriksa kapasitas dan kinerja baterai HP Oppo bekas yang ingin Anda beli. Jika memungkinkan, mintalah penjual untuk menunjukkan kepada Anda riwayat penggunaan baterai HP tersebut.

5. Cek Kamera dan Kualitas Foto

Kamera merupakan fitur yang paling sering digunakan dalam sebuah smartphone. Pastikan untuk mengecek kamera HP Oppo bekas tersebut dan hasil foto yang dihasilkannya. Pastikan kualitas foto dan fitur-fitur kamera masih berfungsi dengan baik.

6. Periksa Kualitas Sinyal dan Jaringan

Periksa kualitas sinyal dan jaringan pada HP Oppo bekas yang ingin Anda beli. Pastikan sinyal tidak bermasalah dan HP dapat terhubung dengan jaringan internet dengan lancar. Selain itu, pastikan juga semua fitur jaringan seperti Wi-Fi dan Bluetooth berfungsi dengan baik.

7. Lakukan Uji Performa HP Oppo Bekas

Uji performa HP Oppo bekas yang ingin Anda beli dengan menjalankan beberapa aplikasi atau game yang membutuhkan performa tinggi. Pastikan HP tidak mengalami lag atau overheat saat digunakan dalam waktu yang lama.

8. Periksa Garansi HP Oppo Bekas

Periksa garansi yang masih berlaku pada HP Oppo bekas tersebut. Meskipun HP bekas, ada beberapa penjual yang masih memberikan garansi untuk memastikan bahwa HP yang dijual dalam kondisi baik.

9. Mintalah Bukti Pembelian dan Riwayat Penggunaan

Mintalah bukti pembelian HP Oppo bekas dan riwayat penggunaan yang dimiliki oleh penjual. Dengan mengetahui riwayat penggunaan HP tersebut, Anda dapat memperkirakan kondisi HP Oppo bekas tersebut.

10. Ajukan Pertanyaan Kepada Penjual

Terakhir, ajukan pertanyaan kepada penjual HP Oppo bekas mengenai segala hal yang Anda ingin ketahui tentang smartphone tersebut. Pastikan Anda mendapatkan informasi yang memadai sebelum memutuskan untuk membeli HP Oppo bekas tersebut.

Dengan melakukan pengecekan secara teliti sesuai dengan cara-cara di atas, diharapkan Anda dapat menemukan HP Oppo bekas yang masih dalam kondisi baik dan layak untuk digunakan. Selamat mencari HP Oppo bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button