Blog

Ini Dia Cara Ampuh Mengatasi Mesin Cuci Hanya Berdengung, Tidak Berputar!

Mesin cuci merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sering kali mesin cuci mengalami masalah seperti tidak berputar dan hanya berdengung. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kerusakan komponen internal hingga kesalahan pengguna. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas secara detail mengenai cara mengatasi mesin cuci yang tidak berputar hanya berdengung.

1. Periksa Kabel Listrik

Kondisi: Mesin cuci tidak berputar dan hanya berdengung saat dinyalakan.

Salah satu faktor yang menyebabkan mesin cuci tidak berputar hanya berdengung adalah kabel listrik yang rusak atau terputus. Pastikan untuk memeriksa kabel listrik mesin cuci dan pastikan tidak ada kabel yang putus atau terkelupas. Jika ditemukan kabel yang rusak, segera ganti dengan kabel yang baru dan pastikan untuk menghubungkannya dengan benar.

2. Periksa Sabuk Penggerak

Kondisi: Mesin cuci terdengar berdengung tetapi tidak berputar.

Sabuk penggerak pada mesin cuci berfungsi untuk menggerakkan drum agar bisa berputar. Jika sabuk penggerak putus atau kendur, mesin cuci hanya akan berdengung tanpa bisa berputar. Periksa kondisi sabuk penggerak dan pastikan tidak ada sobekan atau kendala lainnya. Jika sabuk penggerak kendur, atur kembali tegangannya sesuai dengan petunjuk yang ada pada manual mesin cuci.

3. Periksa Motor

Kondisi: Mesin cuci tidak berputar dan suara berdengung semakin keras.

Motor pada mesin cuci merupakan komponen yang sangat vital dalam proses putaran drum. Jika motor mengalami kerusakan, mesin cuci tidak akan bisa berputar meskipun terdengar berdengung. Periksa motor mesin cuci dan pastikan tidak ada bagian yang rusak atau terbakar. Jika motor mengalami kerusakan, segera ganti dengan motor yang baru dan pastikan untuk menghubungkannya dengan benar.

4. Periksa Drum

Kondisi: Mesin cuci tidak berputar dan terdengar berdengung.

Drum pada mesin cuci merupakan tempat dimana pakaian dicuci. Jika drum mengalami masalah seperti tertahan atau terhalang, mesin cuci tidak akan bisa berputar meskipun terdengar berdengung. Periksa drum mesin cuci dan pastikan tidak ada benda asing yang terjebak di dalamnya. Bersihkan drum secara menyeluruh dan pastikan tidak ada kendala lainnya yang menghambat putaran drum.

5. Periksa Kopling

Kondisi: Mesin cuci berdengung dan tidak berputar.

Kopling pada mesin cuci merupakan komponen yang menghubungkan motor dengan drum. Jika kopling mengalami masalah seperti rusak atau aus, mesin cuci tidak akan bisa berputar meskipun terdengar berdengung. Periksa kondisi kopling dan pastikan tidak ada kerusakan yang cukup parah. Jika kopling rusak, segera ganti dengan kopling yang baru dan pastikan dipasang dengan benar.

6. Panggil Teknisi

Jika setelah melakukan semua langkah di atas mesin cuci masih tidak bisa berputar dan hanya berdengung, sebaiknya segera hubungi teknisi profesional. Kemungkinan masalah yang terjadi cukup kompleks dan memerlukan pemahaman yang mendalam tentang mesin cuci. Dengan memanggil teknisi, Anda bisa mendapatkan bantuan yang tepat dan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah mesin cuci yang tidak berputar hanya berdengung.

Dengan mengetahui berbagai cara mengatasi masin cuci yang tidak berputar hanya berdengung, Anda bisa melakukan perawatan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Namun, jika masalah yang terjadi cukup kompleks, sebaiknya segera hubungi teknisi profesional untuk mendapatkan bantuan yang tepat. Jaga selalu mesin cuci Anda agar selalu dalam kondisi baik dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi masalah mesin cuci yang tidak berputar hanya berdengung. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button