Blog

Inilah Cara Mudah Mengetahui Siapa yang Melihat Pesan di Telegram Kita!

Telegram merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang populer digunakan oleh banyak orang. Dengan fitur keamanan yang cukup baik, banyak pengguna merasa nyaman menggunakan Telegram untuk berkomunikasi. Namun, terkadang kita ingin mengetahui siapa saja yang telah melihat pesan atau profile kita di Telegram. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa cara untuk mengetahui orang yang telah melihat Telegram kita.

1. Mengaktifkan Fitur Last Seen

Fitur Last Seen merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk melihat waktu terakhir seseorang membuka aplikasi Telegram. Dengan fitur ini, kamu dapat mengetahui kapan seseorang terakhir kali melihat pesanmu. Caranya cukup mudah, kamu tinggal masuk ke pengaturan aplikasi Telegram, pilih Privacy and Security, lalu atur privacy settings untuk fitur Last Seen.

2. Memasang Bot Tracker

Salah satu cara lain untuk mengetahui siapa yang melihat Telegram kita adalah dengan memasang bot tracker. Bot tracker merupakan bot Telegram yang dapat memberikan informasi tentang siapa saja yang telah melihat profile atau pesan kita. Untuk memasang bot tracker, kamu bisa mencarinya di fitur bot Telegram dan mengikuti petunjuk yang diberikan.

3. Menggunakan Fitur Read Receipts

Fitur Read Receipts merupakan fitur yang memberikan tanda centang biru pada pesan yang telah dibaca oleh penerima. Dengan fitur ini, kamu bisa mengetahui apakah pesanmu telah dibaca oleh seseorang atau tidak. Namun, fitur ini hanya bisa digunakan jika lawan bicara juga mengaktifkan fitur Read Receipts di akun Telegram mereka.

4. Melakukan Analisis Aktivitas Akun

Selain menggunakan fitur bawaan Telegram, kamu juga bisa melakukan analisis sendiri terhadap aktivitas akun Telegram seseorang. Misalnya, dengan melihat kapan seseorang terakhir kali aktif, seberapa sering dia mengubah foto profile, atau melihat history chatnya. Meskipun tidak sepenuhnya akurat, analisis ini bisa memberikan gambaran tentang seberapa sering seseorang melihat Telegram kita.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk melacak aktivitas pengguna di Telegram. Beberapa aplikasi tersebut dapat memberikan informasi tentang siapa saja yang telah melihat profile atau pesan kita, sekaligus memberikan analisis detail tentang aktivitas pengguna tersebut. Namun, pastikan untuk menggunakan aplikasi yang terpercaya dan aman agar data pribadi kamu tidak disalahgunakan.

Dengan beberapa cara di atas, kamu bisa mengetahui siapa saja yang telah melihat Telegram kamu. Namun, ingatlah untuk selalu menghormati privasi orang lain dan tidak menyalahgunakan informasi yang kamu dapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button