Blog

Ini Dia Cara Screenshot WhatsApp Sekali Lihat Tanpa Ribet! Simak Tutorialnya!

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia saat ini. Pengguna WhatsApp dapat mengirim pesan teks, gambar, video, dan berbagai jenis file lainnya dengan mudah. Namun, ada kalanya kita perlu melakukan screenshot atau tangkapan layar pada percakapan WhatsApp untuk berbagai keperluan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail cara screenshot WhatsApp sekali lihat dengan mudah dan cepat. Berikut ini panduan lengkapnya.

1. Menggunakan Kombinasi Tombol pada Perangkat Android

Salah satu cara termudah untuk melakukan screenshot WhatsApp sekali lihat adalah dengan menggunakan kombinasi tombol pada perangkat Android. Caranya sangat sederhana, yaitu:

  1. Buka percakapan WhatsApp yang ingin Anda screenshot.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik hingga layar berkedip dan suara shutter terdengar.
  3. Secara otomatis, screenshot akan disimpan di galeri foto ponsel Anda.

Dengan menggunakan kombinasi tombol ini, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot percakapan WhatsApp tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan kombinasi tombol pada perangkat, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan screenshot WhatsApp sekali lihat. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk hal ini adalah Apowersoft Screenshot. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Apowersoft Screenshot di ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi tersebut dan atur opsi pengaturan sesuai kebutuhan Anda.
  3. Buka percakapan WhatsApp yang ingin Anda screenshot.
  4. Aktifkan fitur screenshot pada aplikasi dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.
  5. Selamat, screenshot telah berhasil diambil!

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Apowersoft Screenshot, Anda dapat dengan lebih mudah menyesuaikan pengaturan dan fitur screenshot sesuai keinginan.

3. Menggunakan Fitur Bawaan pada WhatsApp

Selain menggunakan kombinasi tombol dan aplikasi pihak ketiga, WhatsApp juga menyediakan fitur bawaan untuk melakukan screenshot percakapan. Caranya sangat mudah, yaitu:

  1. Buka percakapan WhatsApp yang ingin Anda screenshot.
  2. Pilih pesan atau gambar yang ingin Anda capture.
  3. Tekan dan tahan pesan atau gambar tersebut hingga muncul opsi di bagian atas layar.
  4. Pilih ikon kamera atau camera icon untuk mengambil screenshot.
  5. Selamat, screenshot berhasil diambil dan akan disimpan secara otomatis.

Dengan menggunakan fitur bawaan pada WhatsApp, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot percakapan tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

4. Menyimpan Screenshot ke Cloud Storage

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot percakapan WhatsApp, Anda juga dapat menyimpannya ke cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox untuk membackup data secara aman. Caranya sangat mudah, yaitu:

  1. Buka galeri foto ponsel Anda.
  2. Pilih screenshot WhatsApp yang ingin Anda simpan ke cloud storage.
  3. Tekan tombol Bagikan atau Share.
  4. Pilih aplikasi cloud storage yang ingin Anda gunakan.
  5. Selamat, screenshot berhasil disimpan ke cloud storage secara aman.

Dengan menyimpan screenshot ke cloud storage, Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja tanpa perlu khawatir kehilangan data.

5. Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap tentang cara screenshot WhatsApp sekali lihat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot percakapan WhatsApp tanpa perlu bingung. Ingatlah untuk selalu memperhatikan privasi dan etika dalam mengambil screenshot, serta gunakan fitur ini dengan bijak. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button