Blog

Ini Dia! Cara Membuat Simbol Keren di Keyboard Android dengan Mudah!

Di era digital seperti sekarang, penggunaan smartphone menjadi semakin penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu hal yang sering dilakukan pengguna smartphone adalah mengirim pesan teks kepada orang lain. Dalam mengirim pesan, terkadang kita perlu menggunakan simbol-simbol khusus untuk memberikan pesan yang lebih menarik atau untuk mengekspresikan perasaan. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat simbol-simbol tersebut di keyboard Android. Melalui artikel ini, kita akan membahas cara membuat simbol di keyboard Android dengan mudah dan cepat.

1. Menggunakan Keyboard Bawaan Android

Jika Anda menggunakan keyboard bawaan Android, beberapa simbol umum seperti tanda seru (!), tanda tanya (?), dan tanda titik (.) dapat ditemukan pada keyboard utama. Namun, untuk simbol-simbol lainnya seperti simbol mata uang atau simbol panah, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

a. Gunakan Tombol Shift

Jika Anda ingin menulis simbol mata uang seperti dollar ($) atau euro (€), Anda dapat menekan tombol shift pada keyboard dan kemudian pilih simbol yang diinginkan. Simbol-simbol ini biasanya tersembunyi di bawah huruf atau angka.

b. Gunakan Long Press

Untuk simbol-simbol lain seperti simbol panah atau smiley face 🙂, Anda dapat menekan lama pada huruf atau angka tertentu untuk menampilkan pilihan simbol yang tersedia. Pilih simbol yang diinginkan dengan cara mengetuk simbol tersebut.

c. Gunakan Menu Khusus

Beberapa keyboard Android memiliki menu khusus untuk memudahkan pengguna dalam menemukan simbol-simbol khusus. Cari menu khusus tersebut dan pilih simbol yang diinginkan dari daftar yang tersedia.

2. Menggunakan Aplikasi Keyboard Pihak Ketiga

Selain keyboard bawaan Android, Anda juga dapat menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga yang memiliki fitur lebih lengkap dalam pembuatan simbol-simbol khusus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Unduh Aplikasi Keyboard

Pertama-tama, unduh dan pasang aplikasi keyboard pihak ketiga seperti Gboard, SwiftKey, atau TouchPal dari Google Play Store. Ikuti petunjuk instalasi yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

b. Sesuaikan Pengaturan

Buka aplikasi keyboard yang telah diunduh dan sesuaikan pengaturan sesuai dengan preferensi Anda. Beberapa aplikasi keyboard memiliki fitur khusus untuk menampilkan berbagai simbol dengan mudah.

c. Gunakan Fitur Emoji

Untuk membuat simbol-simbol yang lucu atau ekspresif, Anda dapat menggunakan fitur emoji yang tersedia di aplikasi keyboard. Pilih emoji yang diinginkan dan tambahkan ke pesan teks Anda.

3. Shortcut Keyboard

Selain menggunakan keyboard bawaan Android atau aplikasi keyboard pihak ketiga, Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard untuk membuat simbol dengan cepat. Berikut adalah beberapa shortcut yang dapat Anda gunakan:

a. Tanda Seru (!)

Untuk membuat tanda seru (!) dengan cepat, Anda dapat menekan tombol spasi dua kali setelah menulis kata terakhir. Secara otomatis, tanda seru akan muncul di akhir kalimat.

b. Tanda Tanya (?)

Demikian pula, untuk membuat tanda tanya (?) dengan cepat, Anda dapat menekan tombol spasi dua kali setelah menulis kata terakhir. Tanda tanya akan muncul secara otomatis di akhir kalimat.

c. Tanda Panah (→)

Jika Anda ingin membuat tanda panah (→) ke kanan atau ke kiri, Anda dapat menekan kombinasi tombol seperti -> atau

4. Menggunakan Aplikasi Simbol Khusus

Untuk simbol-simbol yang lebih kompleks seperti simbol matematika atau simbol khusus lainnya, Anda dapat menggunakan aplikasi simbol khusus yang tersedia di Google Play Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Unduh Aplikasi Simbol

Cari aplikasi simbol khusus seperti Symbol Keyboard & Text Art atau FancyKey di Google Play Store dan unduh aplikasi yang diinginkan. Instal aplikasi tersebut dan buka untuk memulai pengaturan.

b. Pilih Simbol

Pada aplikasi simbol khusus, pilih simbol atau karakter khusus yang ingin Anda gunakan. Tekan pada simbol tersebut untuk menyalinnya ke clipboard.

c. Tempelkan ke Pesan Teks

Kembali ke aplikasi pesan teks Anda dan tempelkan simbol yang telah disalin ke pesan teks. Simbol khusus tersebut akan muncul dalam pesan teks Anda.

5. Kesimpulan

Dengan berkembangnya teknologi, membuat simbol di keyboard Android menjadi semakin mudah dan cepat. Mulai dari penggunaan keyboard bawaan Android, aplikasi keyboard pihak ketiga, shortcut keyboard, hingga aplikasi simbol khusus, Anda memiliki berbagai cara untuk membuat simbol-simbol yang menarik dan ekspresif. Selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga dapat mencoba kombinasi tombol atau mencari fitur khusus pada keyboard yang Anda gunakan. Dengan begitu, Anda dapat lebih kreatif dalam menggunakan simbol-simbol di pesan teks Anda.

Demikianlah artikel tentang cara membuat simbol di keyboard Android. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi Anda dalam mengekspresikan diri melalui pesan teks. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button