Blog

Ini Rahasia Cara Melihat Tulisan Tersembunyi di Balik Coretan Tanpa Aplikasi!

Memiliki coretan di atas kertas atau di dalam dokumen bisa jadi sesuatu yang mengganggu, apalagi jika ingin mengetahui apa yang sebenarnya tertulis di balik coretan tersebut. Meskipun saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat tulisan di balik coretan, ternyata ada cara-cara sederhana yang dapat dilakukan tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Berikut adalah beberapa cara melihat tulisan di balik coretan tanpa aplikasi:

1. Cahaya dan Kaca Pembesar

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk melihat tulisan di balik coretan adalah dengan menggunakan cahaya dan kaca pembesar. Pertama-tama, letakkan kaca pembesar di atas coretan tersebut. Kemudian arahkan sumber cahaya ke kaca pembesar sehingga cahaya akan dibiaskan kembali ke permukaan coretan. Dengan cara ini, Anda dapat melihat dengan jelas tulisan di balik coretan tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

2. Pensil 2B atau Pensil Lunak

Cara kedua yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan pensil 2B atau pensil lunak lainnya. Goreskan pensil tersebut di atas coretan dengan tekanan yang cukup lembut. Kemudian, gunakan jari Anda untuk menggosok perlahan-lahan bagian coretan yang telah dikerok dengan pensil. Dengan metode ini, tulisan di balik coretan akan mulai terlihat dengan lebih jelas.

3. Tinta dan Air

Cara ketiga yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan tinta dan air. Oleskan tinta ke atas coretan dan biarkan sejenak agar penyerapan tinta sempurna. Setelah itu, basahi selembar tisu dengan air dan perlahan-lahan usapkan ke atas kertas. Dengan metode ini, tulisan di balik coretan akan mulai muncul secara perlahan.

4. Scanner atau Kamera Smartphone

Cara keempat yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan scanner atau kamera smartphone. Letakkan kertas bercoretan di atas scanner, lalu pindai kertas tersebut. Setelah proses pemindaian selesai, Anda dapat melihat hasilnya di komputer atau smartphone. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kamera smartphone untuk mengambil foto coretan tersebut. Kemudian, gunakan fitur editing pada aplikasi kamera untuk memperjelas tulisan di balik coretan.

5. Setrika dan Kertas Bersih

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan setrika dan kertas bersih. Letakkan kertas bersih di atas coretan yang ingin dilihat tulisannya. Kemudian panaskan setrika dengan suhu rendah dan tempelkan setrika ke kertas bersih secara perlahan-lahan. Dengan metode ini, coretan akan tertransparan ke kertas bersih sehingga tulisan di balik coretan dapat terlihat dengan jelas.

Dengan menggunakan salah satu dari cara di atas, Anda bisa dengan mudah melihat tulisan di balik coretan tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Cobalah metode-metode tersebut dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button