Blog

Ini Dia Rahasia Biaya Hidup Di Korea yang Mungkin Belum Anda Ketahui!

Biaya hidup di Korea Selatan bisa sangat bervariasi tergantung pada seberapa mewah atau sederhana gaya hidup yang Anda pilih. Terutama bagi para ekspatriat atau turis yang tinggal di Korea, penting untuk memahami perkiraan biaya hidup yang dibutuhkan untuk hidup nyaman di negara ini. Berikut adalah informasi yang bisa membantu Anda dalam memperkirakan biaya hidup di Korea.

1. Akomodasi

Akomodasi merupakan salah satu biaya terbesar yang harus dikeluarkan jika Anda tinggal di Korea. Harga sewa apartemen di kota besar seperti Seoul bisa cukup mahal, terutama jika apartemen tersebut berlokasi di pusat kota. Namun, Anda juga bisa menemukan apartemen yang lebih terjangkau di pinggiran kota atau daerah-daerah yang lebih jauh dari pusat kota.

Daftar harga sewa apartemen di Korea:

  1. Studio Apartment: mulai dari KRW 500,000 – 1,000,000 per bulan
  2. Apartemen 1 Kamar: mulai dari KRW 1,000,000 – 2,000,000 per bulan
  3. Apartemen 2 Kamar: mulai dari KRW 1,500,000 – 3,000,000 per bulan

Jika Anda merasa harga sewa apartemen terlalu mahal, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk tinggal di kos-kosan atau goshiwon yang biasanya lebih terjangkau.

2. Transportasi

Transportasi di Korea Selatan bisa sangat efisien dan nyaman, terutama jika Anda tinggal di kota-kota besar seperti Seoul atau Busan. Harga tiket transportasi umum seperti bus atau subway relatif terjangkau. Selain itu, Korea juga memiliki layanan taksi yang bisa menjadi pilihan transportasi yang nyaman.

Daftar harga transportasi di Korea:

  1. Tiket Bus/Subway: mulai dari KRW 1,250 per perjalanan
  2. Taksi: mulai dari KRW 3,000 – 5,000 untuk tarif awal
  3. Tiket Kereta Api KTX: mulai dari KRW 40,000 – 120,000 tergantung rute perjalanan

Jika Anda tinggal di Korea untuk jangka waktu yang lama, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli kartu transportasi seperti T-Money atau Cashbee untuk mendapatkan potongan harga yang lebih baik.

3. Makanan

Makanan di Korea Selatan bisa menjadi pengalaman kuliner yang sangat menarik. Berbagai makanan Korea yang lezat seperti kimchi, bibimbap, ramen, dan bulgogi bisa ditemukan dengan mudah di berbagai restoran atau warung makan. Harga makanan di Korea bisa cukup terjangkau jika Anda memilih untuk makan di warung atau restoran murah.

Daftar harga makanan di Korea:

  1. Makanan di Warung Makan (Bibimbap, Kimbap): mulai dari KRW 3,000 – 7,000 per porsi
  2. Makanan di Restoran Menengah: mulai dari KRW 10,000 – 20,000 per porsi
  3. Makanan di Restoran Mewah: mulai dari KRW 30,000 ke atas per porsi

Jika Anda ingin menghemat biaya makan, Anda juga bisa memasak sendiri di rumah atau mencari promo makanan di aplikasi pengiriman makanan seperti Baemin atau Yogiyo.

4. Listrik dan Air

Biaya listrik dan air di Korea bisa bervariasi tergantung pada ukuran apartemen atau konsumsi bulanan. Rata-rata biaya listrik dan air untuk sebuah apartemen satu kamar di Korea sekitar KRW 100,000 – 150,000 per bulan. Namun, biaya tersebut bisa lebih tinggi jika Anda menggunakan AC atau pemanas ruangan secara intensif.

Jika Anda ingin menghemat biaya listrik dan air, Anda bisa mematikan peralatan elektronik saat tidak digunakan dan menggunakan air secara hemat.

5. Keperluan Pribadi

Keperluan pribadi seperti pakaian, kosmetik, dan barang kebutuhan sehari-hari juga bisa menjadi biaya tambahan yang harus diperhitungkan. Harga pakaian dan kosmetik di Korea bisa cukup bervariasi, tergantung pada merek dan kualitas produk.

Daftar harga keperluan pribadi di Korea:

  1. Pakaian Fashion Street: mulai dari KRW 10,000 – 50,000 per item
  2. Kosmetik Brand Lokal: mulai dari KRW 10,000 – 50,000 per item
  3. Barang kebutuhan sehari-hari: mulai dari KRW 5,000 – 30,000 per item

Jika Anda ingin berbelanja keperluan pribadi dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa mencari promo atau diskon di toko-toko retail atau online shop di Korea.

6. Rekreasi dan Hiburan

Biaya rekreasi dan hiburan di Korea juga bisa menjadi pertimbangan penting jika Anda ingin menikmati waktu luang dengan berbagai kegiatan seru. Harga tiket bioskop, konser, atau atraksi wisata bisa cukup bervariasi, tergantung pada jenis kegiatan dan popularitas acara tersebut.

Daftar harga rekreasi dan hiburan di Korea:

  1. Tiket Bioskop: mulai dari KRW 8,000 – 15,000 per tiket
  2. Tiket Konser: mulai dari KRW 50,000 ke atas per tiket
  3. Tiket Atraksi Wisata (Everland, Lotte World): mulai dari KRW 30,000 – 50,000 per tiket

Jika Anda ingin menghemat biaya rekreasi dan hiburan, Anda juga bisa mencari promo paket wisata atau tiket diskon di situs-situs online atau aplikasi travel di Korea.

Dengan memperhitungkan berbagai biaya hidup di Korea seperti akomodasi, transportasi, makanan, listrik dan air, keperluan pribadi, serta rekreasi dan hiburan, Anda dapat membuat estimasi biaya hidup bulanan yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Selamat menjalani kehidupan di Korea dan semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button