Blog

Ini Dia Cara Mengetahui Siapa Yang Membaca Pesan Rahasia di Grup Telegram!

Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan yang populer digunakan oleh banyak orang. Dalam sebuah grup Telegram, seringkali kita ingin tahu siapa saja yang sudah membaca pesan yang kita kirim. Namun, fitur ini tidak tersedia secara langsung di aplikasi Telegram. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui siapa saja yang telah membaca pesan di grup Telegram.

1. Menggunakan Fitur “Lihat jumlah tayangan”

Telegram memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat jumlah orang yang sudah membaca pesan tertentu. Fitur ini dikenal dengan nama “Lihat jumlah tayangan”. Caranya cukup mudah, yaitu dengan melakukan tap-and-hold pada pesan yang ingin Anda ketahui jumlah tayangannya. Setelah itu, pilih opsi “Lihat jumlah tayangan” untuk melihat daftar orang yang telah membaca pesan tersebut.

2. Menggunakan Bot Telegram

Ada beberapa bot Telegram yang dapat membantu Anda untuk mengetahui siapa saja yang telah membaca pesan di grup. Salah satu contohnya adalah ContohBot. Anda dapat mengundang bot ini ke dalam grup dan menjadikannya sebagai admin. Setelah itu, bot tersebut akan memberikan informasi mengenai anggota grup yang telah membaca pesan tertentu.

3. Meminta Konfirmasi dari Anggota Grup

Jika Anda ingin cara yang lebih langsung, Anda juga bisa meminta konfirmasi dari anggota grup secara langsung. Anda bisa menanyakan melalui pesan pribadi atau bahkan langsung di dalam grup untuk mengetahui siapa saja yang telah membaca pesan yang Anda kirim.

4. Menggunakan Statistik Grup

Sebagai admin grup, Anda memiliki akses ke berbagai statistik yang terkait dengan aktivitas anggota grup. Salah satunya adalah melalui fitur statistik grup yang dapat memberikan informasi mengenai jumlah tayangan pesan, jumlah anggota yang terlibat dalam percakapan, dan lain sebagainya.

5. Menggunakan Fitur “Terkirim”

Fitur “Terkirim” pada Telegram dapat membantu Anda untuk melihat status pesan yang sudah terkirim ke server Telegram. Jika pesan sudah terkirim namun belum dibaca oleh seseorang, maka pesan tersebut akan ditandai dengan ceklis tunggal. Namun, jika pesan sudah dibaca oleh orang tersebut, maka akan muncul ceklis ganda.

6. Menggunakan Bot Pihak Ketiga

Selain bot bawaan Telegram, Anda juga bisa menggunakan bot pihak ketiga yang dikhususkan untuk mengetahui siapa saja yang membaca pesan di grup. Bot seperti ini biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap dan detail dalam memberikan informasi mengenai aktivitas anggota grup.

Kesimpulan

Dengan menggunakan berbagai cara di atas, Anda dapat mengetahui siapa saja yang telah membaca pesan di grup Telegram. Namun, perlu diingat bahwa privasi dan etika dalam penggunaan aplikasi pesan instan seperti Telegram tetap perlu dijunjung tinggi. Jangan sampai penggunaan fitur ini melanggar privasi anggota grup atau menimbulkan konflik di dalam grup.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button