Wow! Rahasia Mudah Cara Buat Bit Ly Terbaru yang Bikin Kamu Jadi Master Link Shortener!

Bitly adalah salah satu layanan pemendek URL yang paling populer di dunia. Dengan Bitly, Anda dapat mengubah URL yang panjang menjadi lebih singkat dan mudah dibagikan di berbagai platform online. Berikut ini adalah langkah-langkah dan panduan lengkap tentang cara membuat Bitly.

1. Membuat Akun Bitly

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Bitly. Berikut cara membuat akun Bitly:

  1. Masuk ke Situs Bitly
  2. Buka browser Anda dan kunjungi situs Bitly di https://bitly.com/. Klik tombol “Sign Up” untuk membuat akun baru.

  3. Daftar dengan Email atau Media Sosial
  4. Anda dapat mendaftar akun Bitly menggunakan alamat email Anda atau dengan menghubungkan akun media sosial seperti Facebook atau Twitter.

  5. Verifikasi Akun Anda
  6. Setelah mendaftar, periksa email Anda untuk verifikasi akun Bitly Anda. Klik tautan verifikasi yang dikirimkan oleh Bitly.

2. Memendekkan URL dengan Bitly

Setelah berhasil membuat akun Bitly, langkah selanjutnya adalah memendekkan URL dengan Bitly. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke Dashboard
  2. Setelah log masuk ke akun Bitly Anda, Anda akan diarahkan ke dashboard Bitly. Di sana, Anda akan melihat opsi untuk “Shorten your link”.

  3. Salin dan Tempel URL
  4. Salin URL panjang yang ingin Anda pendekkan dan tempelkan di kolom “Shorten your link” di dashboard Bitly.

  5. Pilih Domain Pilihan Anda
  6. Bitly akan memberi Anda pilihan untuk memilih domain pendek Bitly Anda, seperti bit.ly, j.mp, atau yang lainnya. Pilih domain yang Anda inginkan.

  7. Generate dan Salin URL Pendek
  8. Klik tombol “Shorten” dan Bitly akan secara otomatis membuat URL pendek untuk Anda. Salin URL tersebut untuk dibagikan di berbagai platform online.

3. Memonitor Performa URL dengan Bitly

Selain memendekkan URL, Bitly juga memberi Anda fitur untuk memonitor performa URL yang telah Anda bagikan. Berikut cara memonitor performa URL dengan Bitly:

  1. Klik pada URL yang Ingin Dipantau
  2. Di dashboard Bitly, Anda akan melihat daftar URL yang telah Anda pendekkan. Klik URL yang ingin Anda pantau performanya.

  3. Lihat Statistik
  4. Bitly akan menampilkan statistik tentang URL tersebut, seperti jumlah klik, sumber klik, dan lainnya. Anda dapat memanfaatkan informasi ini untuk meningkatkan strategi pemasaran online Anda.

4. Mengatur Custom Domain di Bitly (Bitly Brand)

Bagi pengguna bisnis atau perusahaan, Bitly menyediakan fitur Bitly Brand yang memungkinkan Anda untuk menggunakan custom domain sebagai domain pendek Bitly Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Upgrade ke Bitly Brand
  2. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah meng-upgrade akun Bitly ke Bitly Brand. Ini merupakan fitur berbayar yang menyediakan berbagai keuntungan tambahan.

  3. Pilih Custom Domain
  4. Pilih custom domain yang ingin Anda gunakan sebagai domain pendek Bitly. Pastikan domain tersebut relevan dengan merek atau bisnis Anda.

  5. Konfigurasi DNS
  6. Ikuti petunjuk Bitly untuk melakukan konfigurasi DNS custom domain Anda agar dapat terhubung dengan Bitly. Ini memerlukan pengetahuan teknis tentang pengaturan DNS.

5. Membagikan URL Pendek Bitly

Selanjutnya, Anda dapat membagikan URL pendek Bitly yang telah Anda buat ke berbagai platform online seperti media sosial, email, atau situs web. Berikut beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan:

  • Bagikan di Media Sosial
  • Salin URL pendek Bitly dan bagikan di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. Gunakan statistik Bitly untuk melacak performa tautan di masing-masing platform.

  • Gunakan di Kampanye Email
  • Gunakan URL pendek Bitly dalam kampanye email marketing Anda. Hal ini akan membantu Anda melacak jumlah klik dan tingkat konversi dari kampanye tersebut.

  • Integrasikan dengan Situs Web
  • Jika Anda memiliki situs web atau blog, gunakan URL pendek Bitly di berbagai posting atau halaman. Ini dapat membantu mengoptimalkan tautan yang dibagikan dan meningkatkan traffic ke situs Anda.

6. Analisis Performa dengan Bitly

Terakhir, Anda dapat melakukan analisis performa URL Anda dengan menggunakan fitur analisis yang disediakan oleh Bitly. Berikut cara menganalisis performa URL dengan Bitly:

  1. Lihat Statistik
  2. Di dashboard Bitly, Anda dapat melihat statistik lengkap tentang performa URL Anda, seperti jumlah klik, sumber klik, daerah geografis, dan lainnya.

  3. Track Konversi
  4. Gunakan fitur Bitly untuk melacak konversi dari setiap URL yang Anda bagikan. Ini akan membantu Anda memahami tingkat efektivitas dari setiap tautan yang Anda buat.

  5. Optimalkan Strategi Pemasaran
  6. Berdasarkan data dan statistik yang Anda dapatkan dari Bitly, Anda dapat mengoptimalkan strategi pemasaran online Anda. Perbaiki tautan yang kurang efektif dan fokus pada tautan yang memberikan hasil terbaik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat Bitly dengan mudah dan efektif. Gunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Bitly untuk meningkatkan performa marketing online Anda dan mengoptimalkan tautan yang dibagikan di berbagai platform. Selamat mencoba!

Sumber: https://bitly.com

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button