Blog

Waspada! 10 Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Bagasi Pesawat

Bagasi pesawat merupakan tempat penyimpanan barang bawaan penumpang selama dalam perjalanan udara. Namun, ada beberapa barang yang dilarang untuk dibawa di bagasi pesawat karena alasan keamanan. Berikut adalah daftar barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat:

1. Barang Berbahaya

Barang berbahaya termasuk baterai lithium, bahan kimia berbahaya, dan bahan peledak. Barang-barang ini dapat menyebabkan bahaya yang serius jika terjadi kebocoran atau ledakan di dalam kabin pesawat. Oleh karena itu, barang-barang berbahaya tersebut dilarang untuk dibawa di bagasi pesawat.

2. Senjata Api dan Senjata Tajam

Senjata api dan senjata tajam seperti pistol, senjata api rakitan, pisau lipat, dan benda tajam lainnya tidak boleh dibawa di bagasi pesawat. Hal ini untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal atau aksi terorisme selama penerbangan.

3. Cairan Berlebih

Cairan berlebih seperti parfum, minuman beralkohol, dan bahan cair lainnya yang melebihi batas yang ditentukan juga tidak diperbolehkan untuk dibawa di bagasi pesawat. Cairan berlebih ini dapat menyebabkan masalah keamanan dan keselamatan selama penerbangan.

4. Barang Beracun

Barang beracun seperti pestisida, obat-obatan terlarang, dan bahan kimia beracun lainnya juga masuk dalam kategori barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat. Hal ini untuk mencegah risiko keracunan dan bahaya kesehatan bagi penumpang dan awak pesawat.

5. Hewan Hidup

Hewan hidup seperti binatang peliharaan tidak diperbolehkan untuk dibawa di bagasi pesawat kecuali dengan persetujuan khusus dari maskapai. Hal ini untuk memastikan kesejahteraan hewan selama perjalanan udara yang mungkin berlangsung dalam waktu yang lama.

6. Barang Berharga

Barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, dan dokumen penting sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Hal ini untuk mengurangi risiko kehilangan atau pencurian barang berharga selama perjalanan.

7. Barang Elektronik Besar

Barang elektronik besar seperti televisi, mesin cuci, dan peralatan rumah tangga lainnya tidak disarankan untuk dibawa di bagasi pesawat karena berat dan ukurannya yang besar dapat membuat bagasi menjadi terlalu berat dan sulit untuk diangkut.

8. Narkotika dan Obat-obatan Terlarang

Narkotika dan obat-obatan terlarang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat karena melanggar hukum dan dapat menyebabkan masalah yang serius selama perjalanan. Penumpang yang memegang atau membawa narkotika dan obat-obatan terlarang dapat dikenakan sanksi hukum yang tegas.

9. Barang yang Dilarang oleh Otoritas Penerbangan

Selain barang-barang di atas, terdapat juga barang-barang lain yang dilarang oleh otoritas penerbangan untuk dibawa di bagasi pesawat. Sebagai penumpang, penting untuk memeriksa aturan dan regulasi yang berlaku terkait dengan barang apa saja yang tidak diperbolehkan dibawa di bagasi pesawat.

Kesimpulan

Sebagai penumpang pesawat, kita harus memahami dan mematuhi aturan yang berlaku terkait dengan barang apa saja yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat. Hal ini untuk menjaga keamanan, keselamatan, dan kenyamanan selama perjalanan udara. Jika masih ragu atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, sebaiknya menghubungi maskapai penerbangan atau petugas bandara terkait sebelum melakukan perjalanan.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button