Teknik Rahasia Penggunaan Cara Passing Atas Bola Voli yang Wajib Diketahui!

Voli adalah olahraga yang sering dimainkan dalam lingkungan sekolah, klub, maupun kompetisi-kompetisi resmi. Salah satu teknik dasar dalam permainan voli adalah passing atas. Passing atas merupakan teknik untuk mengirimkan bola ke arah target dengan bertujuan untuk melayani teman satu tim atau mengubah arah serangan tim lawan. Berikut ini adalah langkah-langkah dan tips dalam melakukan passing atas bola voli.

1. Postur Tubuh yang Benar

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam melakukan passing atas adalah postur tubuh yang benar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Kaki selebar bahu: Berdiri dengan posisi kaki selebar bahu untuk memberikan stabilitas.
  • Punggung lurus: Pastikan punggung Anda lurus agar dapat melakukan gerakan passing dengan baik.
  • Pandangan lurus ke depan: Fokus pandangan ke arah bola yang akan datang untuk mempermudah mengatur posisi dan pergerakan.

2. Posisi Tangan yang Benar

Tangan merupakan aspek penting dalam melakukan passing atas. Berikut adalah tips posisi tangan yang benar:

  • Tangan membentuk mangkok: Bentuk tangan Anda seperti mangkok dengan jari-jari sedikit merentang untuk menampung bola dengan baik.
  • Jari telunjuk dan jempol membentuk segitiga: Letakkan jari telunjuk dan jempol saling bersentuhan membentuk segitiga untuk memberikan stabilitas.
  • Siku sedikit ditekuk: Tekuk siku Anda sedikit untuk memberikan fleksibilitas dalam mengatur kekuatan passing.

3. Gerakan Passing yang Benar

Setelah postur tubuh dan posisi tangan sudah benar, langkah berikutnya adalah melakukan gerakan passing yang benar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Posisi awal: Berdiri dengan kaki selebar bahu, punggung lurus, dan tangan membentuk mangkok.
  2. Pergerakan tangan: Gerakkan tangan ke arah bola dengan gerakan mengayun dari belakang ke depan.
  3. Kekuatan passing: Sesuaikan kekuatan passing dengan kecepatan dan arah bola yang diinginkan.
  4. Pelampung: Pastikan bola menyentuh area tengah lengan bagian bawah untuk memberikan arah yang tepat.

4. Latihan yang Konsisten

Untuk dapat menguasai teknik passing atas dengan baik, diperlukan latihan yang konsisten. Berikut adalah beberapa tips dalam melatih passing atas:

  • Latihan dengan teman: Melatih passing atas bersama teman satu tim dapat membantu dalam mengasah koordinasi dan timing.
  • Latihan kekuatan tangan: Melakukan latihan kekuatan tangan seperti push up dan sit up dapat membantu meningkatkan kekuatan saat melakukan passing atas.
  • Latihan stabilisasi tubuh: Melakukan latihan stabilisasi tubuh seperti plank dan burpee dapat membantu meningkatkan postur tubuh saat melakukan passing atas.

5. Mengatur Pernapasan

Pernapasan juga merupakan faktor penting dalam melakukan passing atas. Berikut adalah tips dalam mengatur pernapasan:

  1. Pernapasan teratur: Bernapaslah secara teratur dan dalam untuk menjaga stamina saat melakukan passing atas.
  2. Pernapasan saat melakukan passing: Tarik napas saat bola mendekati dan lepaskan napas saat melakukan passing untuk meningkatkan fokus dan kontrol gerakan.

6. Bersikap Positif

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah mempertahankan sikap positif saat melakukan passing atas. Berikut adalah pentingnya bersikap positif:

  • Kepercayaan diri: Percayalah pada kemampuan Anda dalam melakukan passing atas untuk mengurangi ketegangan dan meningkatkan konsentrasi.
  • Kesabaran: Ingatlah bahwa menguasai teknik passing atas membutuhkan waktu dan kesabaran, jadi jangan mudah menyerah.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas serta melatih secara konsisten, Anda akan dapat menguasai teknik passing atas bola voli dengan baik. Ingatlah untuk selalu bersikap positif dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button