Resep Kacang Telur Manis dan Renyah yang Bikin Ketagihan!

Kacang telur manis dan renyah adalah salah satu camilan favorit banyak orang. Rasanya yang manis dan gurih membuat camilan ini cocok disajikan untuk teman minum teh atau kopi. Berikut adalah cara membuat kacang telur manis dan renyah yang mudah dan praktis.

Bahan-bahan:

  1. 250 gram kacang tanah kupas
  2. 100 gram gula pasir
  3. 50 ml air
  4. 1/2 sendok teh garam

Langkah-langkah:

1. Menggoreng Kacang

Pertama, goreng kacang tanah hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

2. Membuat Sirup Gula

Masak gula pasir dengan air dan garam hingga larut dan mengental. Pastikan api dalam keadaan sedang agar gula tidak gosong.

3. Menggoreng Kembali Kacang

Tuang kembali kacang yang telah digoreng ke dalam wajan. Tuangkan sirup gula ke dalamnya dan aduk rata hingga kacang terbalut oleh sirup gula.

4. Mengeringkan Kacang

Setelah kacang terbalut rata oleh sirup gula, angkat kacang dan letakkan di atas loyang yang sudah dialasi kertas baking. Ratakan kacang agar tidak saling menempel.

5. Dinginkan dan Sajikan

Biarkan kacang telur manis yang telah ditata di atas loyang dingin hingga kering dan keras. Setelah itu, kacang siap disajikan sebagai camilan.

Tips:

  • Pastikan kacang benar-benar kering sebelum disajikan agar teksturnya tetap renyah.
  • Masak sirup gula dengan api kecil agar tidak gosong dan terlalu kental.
  • Simpan kacang telur manis dalam wadah kedap udara agar tetap renyah.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat kacang telur manis dan renyah sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button