Rahasia Terungkap! Ini Dia Cara Membuat Semur Tahu yang Enak dan Menggoda

Semur tahu merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang memiliki rasa gurih dan manis yang lezat. Dengan bahan utama tahu yang kaya protein dan bumbu rempah yang khas, semur tahu dapat menjadi pilihan menu sehari-hari yang menggugah selera. Berikut ini adalah langkah-langkah lengkap untuk membuat semur tahu yang lezat di rumah:

1. Bahan-bahan yang diperlukan:

Sebelum memulai proses memasak, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat semur tahu. Berikut adalah bahan-bahan yang biasanya digunakan dalam membuat semur tahu:

  • Tahu putih: 1 buah, potong menjadi dadu kecil
  • Bawang merah: 5 siung, iris tipis
  • Bawang putih: 3 siung, iris tipis
  • Kecap manis: 3 sendok makan
  • Gula merah: 1 potong, sisir halus
  • Garam: secukupnya
  • Merica bubuk: secukupnya
  • Air: 300 ml
  • Minyak untuk menumis

2. Langkah-langkah pembuatan:

2.1. Menumis bumbu:

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Panaskan sedikit minyak di wajan, masukkan bawang merah dan bawang putih iris, tumis hingga harum dan matang.

2.2. Memasukkan tahu:

Selanjutnya, masukkan potongan tahu ke dalam wajan yang sudah berisi bumbu tumis. Aduk-aduk hingga tahu tercampur rata dengan bumbu dan agak sedikit berubah warna.

2.3. Menyajikan kecap manis dan gula merah:

Tambahkan kecap manis dan gula merah ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam tahu. Tambahkan sedikit air untuk kuah semur tahu.

2.4. Memasak hingga matang:

Masak semur tahu dengan api kecil hingga kuah menyusut dan bumbu meresap ke dalam tahu. Tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya untuk menyesuaikan rasa. Aduk rata dan angkat dari kompor.

3. Penyajian:

Setelah semur tahu matang, sajikan dalam piring saji dan taburi dengan irisan daun bawang sebagai hiasan. Semur tahu siap disajikan sebagai menu utama yang lezat dan bergizi.

4. Tips tambahan:

Untuk menambah kelezatan semur tahu, Anda dapat menambahkan potongan wortel, kentang, atau telur rebus ke dalam masakan. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera dengan menambahkan cabai sesuai selera.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat semur tahu yang lezat dan bergizi di rumah. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button