Rahasia Terungkap! Cara Mudah Bikin Brownies Lezat dari Dapur Anda

Siapa yang tidak suka dengan brownies? Kue cokelat yang lezat ini selalu berhasil memuaskan lidah setiap orang. Tidak hanya enak disantap saat hangout dengan teman-teman, brownies juga bisa menjadi cemilan yang pas untuk menemani waktu santai di rumah. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat brownies sendiri di rumah, berikut ini adalah cara dan resep sederhana untuk membuat brownies yang lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram dark chocolate
  • 100 gram butter
  • 150 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram cokelat bubuk
  • 1 sendok teh baking powder
  • Secukupnya garam

Langkah-langkah pembuatan brownies:

1. Siapkan bahan

Pertama-tama, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat brownies. Pastikan bahan-bahan tersebut dalam kondisi baik dan segar.

2. Tim dark chocolate dan butter

Tim dark chocolate dan butter hingga meleleh dan tercampur sempurna. Aduk merata dan pastikan tidak ada gumpalan.

3. Campurkan gula pasir

Setelah dark chocolate dan butter meleleh, campurkan gula pasir ke dalam adonan. Aduk hingga gula larut sempurna.

4. Tambahkan telur

Pecahkan telur satu per satu ke dalam adonan dan kocok hingga semua telur tercampur dengan baik.

5. Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk

Aduk tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan garam ke dalam adonan secara bertahap sambil terus diaduk hingga semua bahan tercampur dengan baik dan tidak ada gumpalan.

6. Tuang adonan ke dalam loyang

Setelah adonan tercampur dengan baik, tuangkan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin atau dialas kertas roti agar tidak lengket ketika dipanggang.

7. Panggang adonan

Panaskan oven terlebih dahulu, kemudian panggang adonan brownies dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 25-30 menit atau hingga matang. Gunakan tes tusuk untuk memastikan brownies sudah matang. Jika tusuk tidak ada adonan yang menempel, berarti brownies sudah matang.

8. Dinginkan dan potong sesuai selera

Setelah matang, biarkan brownies dingin sebentar sebelum dipotong-potong sesuai selera. Brownies siap disajikan dan dinikmati.

Tips tambahan:

  • Menggunakan dark chocolate: Penggunaan dark chocolate akan memberikan rasa cokelat yang lebih pekat dan kaya pada brownies.
  • Secukupnya garam: Penambahan sedikit garam akan menyeimbangkan rasa manis pada brownies.
  • Memilih tepung terigu: Gunakan tepung terigu berkualitas untuk hasil brownies yang lebih lembut dan mengembang.
  • Menyesuaikan baking time: Setiap oven memiliki suhu yang berbeda-beda, perhatikan kondisi brownies saat memanggang agar tidak overcooked.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat brownies yang lezat dan nikmat di rumah. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button