Blog

Rahasia Terungkap! Begini Cara Mudah Melihat Serial Number Laptop Windows 11

Serial number laptop Windows 11 merupakan informasi penting yang dapat digunakan untuk keperluan garansi, dukungan teknis, atau sekadar referensi. Untuk mengetahui serial number laptop Windows 11, terdapat beberapa metode yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda tempuh:

1. Melalui Command Prompt

Command Prompt merupakan salah satu tool yang sering digunakan untuk mengakses berbagai informasi sistem di Windows. Untuk melihat serial number laptop Windows 11 melalui Command Prompt, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Win + X pada keyboard dan pilih opsi Command Prompt dari menu yang muncul.
  2. Ketik perintah wmic bios get serialnumber dan tekan tombol Enter.
  3. Serial number laptop Windows 11 Anda akan ditampilkan dalam beberapa detik.

2. Melalui BIOS

BIOS (Basic Input/Output System) merupakan antarmuka firmware yang dapat digunakan untuk mengakses dan mengatur berbagai pengaturan hardware di laptop. Untuk melihat serial number laptop Windows 11 melalui BIOS, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Restart laptop Anda.
  2. Pada tampilan awal booting, tekan tombol yang sesuai (biasanya Del, F2, atau F10) untuk masuk ke BIOS.
  3. Cari opsi yang menyediakan informasi tentang Serial Number atau Service Tag.
  4. Serial number laptop Windows 11 Anda akan ditampilkan di sana.

3. Melalui Command Prompt dengan PowerShell

PowerShell merupakan versi lanjutan dari Command Prompt yang menyediakan lebih banyak fitur dan fleksibilitas. Untuk melihat serial number laptop Windows 11 menggunakan PowerShell, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka PowerShell dengan cara menekan tombol Win + X pada keyboard dan pilih opsi Windows PowerShell dari menu yang muncul.
  2. Ketik perintah Get-CimInstance Win32_BIOS dan tekan tombol Enter.
  3. Serial number laptop Windows 11 Anda akan ditampilkan dalam output PowerShell.

4. Melalui Software Pihak Ketiga

Jika Anda mengalami kesulitan dalam melihat serial number laptop Windows 11 menggunakan metode manual di atas, Anda dapat menggunakan software pihak ketiga yang dapat membantu Anda menemukan informasi tersebut lebih mudah. Beberapa contoh software yang dapat digunakan antara lain Belarc Advisor, Speccy, atau HWiNFO.

Dengan menggunakan software-software ini, Anda dapat dengan mudah melihat informasi hardware laptop termasuk serial number-nya.

5. Melalui Stiker di Bodi Laptop

Terakhir, Anda juga dapat menemukan serial number laptop Windows 11 Anda melalui stiker yang biasanya ditempelkan di bodi laptop. Stiker ini biasanya berisi informasi detil tentang laptop termasuk serial number, model, dan informasi lainnya. Cari stiker di bagian bawah atau belakang laptop Anda untuk menemukan serial number-nya.

Dengan mengetahui serial number laptop Windows 11, Anda dapat dengan cepat mengakses informasi yang Anda butuhkan mengenai laptop Anda. Pastikan untuk menyimpan informasi tersebut dengan baik untuk keperluan mendatang.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button