Rahasia Tersembunyi! Begini Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Xiaomi

Smartphone Xiaomi telah menjadi salah satu pilihan populer di kalangan pengguna Android karena harga yang terjangkau dan fitur yang lengkap. Namun, ada kalanya pengguna ingin menyembunyikan aplikasi tertentu agar tidak terlihat oleh orang lain. Tidak semua smartphone Xiaomi memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi, tetapi ada beberapa metode alternatif yang bisa digunakan. Berikut ini adalah cara-cara untuk menyembunyikan aplikasi di Xiaomi.

1. Menggunakan Fitur Pembatas Aplikasi

Xiaomi menyediakan fitur Pembatas Aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aplikasi tertentu dengan cara mengunci aplikasi tersebut dengan pola atau sidik jari. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih Aplikasi Pembatas
  3. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan
  4. Setel pola atau sidik jari untuk mengunci aplikasi

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika smartphone Xiaomi Anda tidak memiliki fitur Pembatas Aplikasi, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AppLock atau Hide App-Hide Application. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aplikasi dengan berbagai metode pengunci seperti pola, PIN, atau sidik jari.

3. Menggunakan Fitur Kloning Aplikasi

Beberapa smartphone Xiaomi memiliki fitur kloning aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memiliki dua versi aplikasi yang sama di dalam satu smartphone. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan aplikasi dengan cara menjadikan salinan aplikasi tersebut dan menyembunyikan ikon aplikasi yang asli.

4. Menggunakan Fitur Hidden App

Fitur Hidden App merupakan fitur tersembunyi yang ada di beberapa smartphone Xiaomi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aplikasi dengan cara memindahkan aplikasi tersebut ke dalam kategori yang tersembunyi. Untuk mengakses aplikasi yang disembunyikan, pengguna perlu melakukan beberapa langkah tambahan untuk membuka kategori tersembunyi.

5. Menggunakan Fitur Pencarian Tersembunyi

Selain fitur Hidden App, beberapa smartphone Xiaomi juga menyediakan fitur pencarian tersembunyi yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aplikasi dengan cara mengonfigurasi fitur pencarian agar tidak menampilkan hasil dari aplikasi yang disembunyikan.

6. Menggunakan Folder Tersembunyi

Salah satu cara termudah untuk menyembunyikan aplikasi di Xiaomi adalah dengan membuat folder tersembunyi. Pengguna bisa membuat folder baru di layar utama dan memindahkan aplikasi yang ingin disembunyikan ke dalam folder tersebut. Kemudian, ubah nama folder menjadi nama yang tidak mencurigakan.

7. Menggunakan Pengaturan Lanjutan

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang lebih, Anda bisa menggunakan pengaturan lanjutan di smartphone Xiaomi untuk menyembunyikan aplikasi. Pengaturan ini biasanya terletak di bagian Pengembang atau Pengaturan Sistem. Dengan menggunakan pengaturan lanjutan, Anda bisa melakukan berbagai konfigurasi untuk menyembunyikan aplikasi.

8. Menggunakan Fitur Dual Apps

Fitur Dual Apps yang tersedia di beberapa smartphone Xiaomi memungkinkan pengguna untuk memiliki dua akun dalam satu aplikasi. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan aplikasi dengan cara menggunakan salah satu akun untuk aplikasi yang terlihat dan menggunakan akun lain untuk aplikasi yang disembunyikan.

Dengan beberapa metode di atas, Anda bisa dengan mudah menyembunyikan aplikasi di smartphone Xiaomi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pastikan untuk menggunakan metode yang sesuai dengan tipe smartphone Xiaomi yang Anda miliki dan lakukan konfigurasi dengan cermat untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button