Rahasia Racik Sambal Ijo Padang Asli, Bikin Ketagihan!

Sambal ijo Padang merupakan salah satu masakan khas dari daerah Padang yang sangat terkenal dengan rasa pedasnya yang menggugah selera. Sambal ini biasanya disajikan sebagai pelengkap berbagai jenis masakan Padang, seperti rendang, gulai, serta berbagai hidangan lainnya. Berikut ini adalah cara lengkap untuk membuat sambal ijo Padang asli:

Bahan-bahan yang Diperlukan:

1. Cabe Hijau

Untuk membuat sambal ijo Padang, Anda membutuhkan cabe hijau segar sebanyak 200 gram. Pastikan untuk memilih cabe yang masih segar dan memiliki warna hijau yang cerah.

2. Bawang Merah

Siapkan sekitar 5-6 siung bawang merah untuk menambah aroma dan rasa pada sambal ijo. Anda bisa memotong bawang merah menjadi potongan kecil agar lebih mudah dihaluskan.

3. Bawang Putih

Selain bawang merah, tambahkan juga 3-4 siung bawang putih untuk memberikan aroma dan rasa yang khas pada sambal ijo Padang.

4. Garam

Tambahkan garam secukupnya sesuai dengan selera Anda. Garam berfungsi untuk menambah rasa pada sambal ijo yang Anda buat.

5. Gula

Jika Anda menginginkan sedikit rasa manis pada sambal ijo Padang, Anda bisa menambahkan gula secukupnya.

Langkah-Langkah Pembuatan:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan sesuai dengan takaran yang disebutkan di atas. Pastikan semua bahan dalam kondisi segar dan berkualitas baik.

2. Memasak Cabe Hijau

Langkah pertama dalam membuat sambal ijo Padang adalah dengan memasak cabe hijau. Tumis cabe hijau bersama bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang. Pastikan untuk tidak terlalu lama memasaknya agar warna hijau cabe tetap terjaga.

3. Haluskan Bahan

Setelah cabe hijau matang, angkat dan dinginkan sebentar. Kemudian, haluskan cabe hijau bersama bawang merah dan bawang putih dengan menggunakan alat penghalus, seperti blender atau cobek.

4. Tambahkan Garam dan Gula

Selanjutnya, tambahkan garam dan gula sesuai dengan selera Anda ke dalam sambal ijo yang telah dihaluskan. Uleni dan aduk rata agar rasa garam dan gula merata di sambal ijo.

5. Sambal Ijo Siap Disajikan

Terakhir, sambal ijo Padang asli siap disajikan sebagai pelengkap hidangan Anda. Sajikan sambal ijo bersama masakan Padang favorit Anda, seperti rendang, ayam pop, atau gulai.

Penyajian Sambal Ijo Padang:

1. Sajikan dalam Porsi Kecil

Agar rasa pedas dari sambal ijo tidak terlalu dominan, disarankan untuk menyajikannya dalam porsi kecil.

2. Pelengkap Masakan Padang

Sambal ijo Padang sangat cocok disajikan sebagai pelengkap berbagai jenis masakan Padang, seperti rendang, gulai, ayam pop, dan lain sebagainya.

3. Simpan dalam Wadah Tertutup

Untuk menjaga kestabilan rasa dan aroma sambal ijo, disarankan untuk menyimpan sambal dalam wadah tertutup dan diletakkan di dalam lemari pendingin.

Kesimpulan:

Sambal ijo Padang merupakan salah satu jenis sambal yang sangat populer di Indonesia, terutama sebagai pelengkap hidangan khas Padang. Dengan menggunakan bahan-bahan segar dan langkah-langkah pembuatan yang tepat, Anda dapat membuat sambal ijo Padang asli di rumah dengan mudah. Sajikan sambal ijo ini bersama hidangan Padang favorit Anda untuk pengalaman kuliner yang lebih nikmat.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button