Blog

Rahasia Mudah Membalas Pesan Instagram Seperti WhatsApp, Yuk Simak!

Membalas pesan di Instagram merupakan salah satu fungsi yang paling sering digunakan oleh pengguna platform media sosial ini. Dengan adanya fitur Direct Message (DM), pengguna bisa saling berkomunikasi satu sama lain secara pribadi. Namun, bagi sebagian orang, terkadang mengirim pesan di Instagram terasa sedikit membingungkan karena berbeda dengan aplikasi pesan instan lainnya seperti WhatsApp. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membalas pesan di Instagram seperti WhatsApp. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Langkah Pertama: Buka Aplikasi Instagram

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Instagram di smartphone Anda. Pastikan Anda sudah login ke akun Instagram Anda untuk dapat mengakses fitur Direct Message. Setelah berhasil masuk ke akun Instagram, cari dan buka pesan yang ingin Anda balas.

2. Cara Membalas Pesan di Instagram

Selanjutnya, untuk membalas pesan di Instagram seperti WhatsApp, Anda perlu menekan dan tahan pesan yang ingin Anda balas. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi di bagian bawah layar, termasuk opsi “Balas”. Pilih opsi “Balas” tersebut untuk membalas pesan tersebut.

3. Menggunakan Fitur Balas di Instagram

Seperti WhatsApp, Instagram juga memiliki fitur balas yang memungkinkan Anda untuk menanggapi pesan tertentu secara langsung tanpa harus mengetik ulang isi pesan tersebut. Dengan fitur ini, pesan yang Anda balas akan disertakan dengan pesan asli yang di-reply, sehingga penerima pesan akan lebih mudah memahami konteks percakapan.

4. Menggunakan Emoji dan Stiker

Salah satu keunggulan Instagram dibandingkan WhatsApp adalah banyaknya pilihan emoji dan stiker yang dapat digunakan dalam balasan pesan. Anda dapat menambahkan emoji atau stiker untuk memberikan ekspresi atau emosi yang lebih jelas dalam pesan balasan Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengetuk ikon emoji atau stiker di samping kotak balasan pesan.

5. Fitur Chat Reaksi

Instagram juga memiliki fitur chat reaksi yang memungkinkan Anda untuk memberikan reaksi terhadap pesan yang diterima tanpa harus mengetik balasan. Fitur ini cukup praktis dan dapat mempercepat komunikasi Anda dengan lawan bicara. Caranya adalah dengan menekan pesan yang ingin Anda berikan reaksi, kemudian pilih ikon reaksi yang tersedia.

6. Mengirim Pesan Suara

Seperti WhatsApp, Instagram juga mendukung pengiriman pesan suara. Jika Anda lebih suka berkomunikasi secara verbal daripada mengetik, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengirim pesan suara kepada lawan bicara Anda. Caranya cukup mudah, cukup tahan ikon mikrofon saat Anda hendak merekam pesan suara, dan lepaskan jika pesan Anda sudah selesai.

7. Menyimpan Pesan Penting

Jika terdapat pesan yang dianggap penting dan ingin Anda simpan untuk referensi di kemudian hari, Anda dapat menyimpan pesan tersebut di Instagram. Caranya cukup mudah, cukup tahan pesan yang ingin Anda simpan, kemudian pilih opsi “Simpan Pesan”. Pesan yang disimpan akan tersimpan di folder “Pesan Disimpan” di profil Anda.

8. Menghapus Pesan

Jika Anda ingin menghapus pesan di Instagram, Anda juga dapat melakukannya dengan mudah. Caranya adalah dengan menekan dan tahan pesan yang ingin Anda hapus, kemudian pilih opsi “Hapus Pesan”. Pesan yang dihapus akan hilang dari percakapan, namun perlu diingat bahwa pesan yang sudah dihapus tidak dapat dikembalikan.

9. Menandai Pesan Sebagai Favorit

Jika terdapat pesan yang dianggap favorit atau penting dan ingin Anda akses dengan cepat, Anda dapat menandai pesan tersebut sebagai favorit. Caranya adalah dengan menekan dan tahan pesan, kemudian pilih opsi “Tandai sebagai Favorit”. Pesan yang ditandai sebagai favorit akan tersimpan di folder “Pesan yang Ditandai” di profil Anda.

10. Menggunakan Fitur Penjadwalan Pesan

Instagram juga telah menghadirkan fitur penjadwalan pesan yang memungkinkan Anda untuk membuat pesan dan menjadwalkan pengiriman pesan tersebut di waktu yang telah ditentukan. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengirim pesan pada waktu tertentu tanpa harus mengingatnya. Caranya adalah dengan menulis pesan, kemudian atur waktu pengiriman pesan tersebut sebelum mengirimnya.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai cara membalas pesan di Instagram seperti WhatsApp. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa lebih mudah dan efisien dalam berkomunikasi melalui Direct Message di Instagram. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button