Rahasia Membuat Selai Strawberry yang Mudah dan Menggoda

Apakah Anda menyukai rasa manis dan segar dari selai strawberry? Selai ini cocok untuk dijadikan tambahan pada roti bakar, pancake, atau bahkan untuk dimakan langsung. Berikut adalah cara mudah dan sederhana untuk membuat selai strawberry di rumah.

1. Persiapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan selai strawberry, pastikan untuk menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  • 500 gram strawberry segar
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok makan air lemon

2. Mencuci dan Memotong Strawberry

Bersihkan 500 gram strawberry segar dengan air mengalir. Kemudian, potong ujung strawberry dan iris tipis-tipis sesuai dengan selera Anda.

3. Proses Memasak

Masukkan potongan strawberry ke dalam panci, tambahkan 200 gram gula pasir, dan 1 sendok makan air lemon. Panaskan campuran tersebut dengan api kecil sambil terus diaduk.

4. Menghaluskan Selai

Setelah campuran mendidih dan strawberry menjadi lembut, haluskan selai menggunakan blender atau food processor hingga teksturnya menjadi halus dan lembut.

5. Proses Pencetakan

Selai strawberry yang telah halus dapat dimasukkan ke dalam wadah atau toples yang steril. Pastikan untuk menutup rapat agar selai dapat bertahan lebih lama.

6. Penyimpanan dan Penyajian

Jika disimpan di lemari pendingin, selai strawberry dapat bertahan hingga satu bulan. Selai ini dapat disajikan bersama roti bakar, scones, atau kue-kue lainnya.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat selai strawberry sendiri di rumah. Selai ini tidak hanya lebih sehat karena tidak mengandung bahan pengawet, namun juga lebih nikmat karena Anda dapat mengatur kadar gula sesuai dengan selera.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button