Rahasia Membuat Rengginang Ketan Mekar yang Super Empuk!

Rengginang ketan mekar adalah salah satu jenis rengginang yang terbuat dari beras ketan yang diolah dengan cara digoreng hingga mengembang dan renyah. Rengginang ini memiliki tekstur yang renyah di luar namun kenyal di dalam, membuatnya menjadi camilan favorit banyak orang. Berikut ini adalah cara membuat rengginang ketan mekar yang lezat dan gurih.

1. Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan rengginang ketan mekar, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat rengginang ketan mekar:

  • 500 gram beras ketan
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng untuk menggoreng
  • Garam secukupnya

2. Langkah-langkah Pembuatan

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan rengginang ketan mekar yang dapat Anda ikuti dengan mudah:

  1. rendam beras ketan
  2. Rendam beras ketan dalam air selama minimal 4 jam atau semalaman. Pastikan beras ketan benar-benar empuk sebelum diolah lebih lanjut.

  3. haluskan beras ketan
  4. Setelah beras ketan empuk, haluskan beras ketan hingga teksturnya menjadi seperti adonan. Tambahkan sedikit air jika diperlukan.

  5. Bentuk adonan
  6. Bentuk adonan beras ketan menjadi bulatan-bulatan kecil sesuai dengan ukuran rengginang yang diinginkan.

  7. Goreng rengginang
  8. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng bulatan ketan hingga mengembang dan berwarna keemasan. Pastikan untuk membalik rengginang agar matang merata di kedua sisi.

  9. Tiriskan dan sajikan
  10. Tiriskan rengginang yang telah digoreng dengan menggunakan tisu dapur untuk menghilangkan sisa minyak. Sajikan rengginang ketan mekar dalam wadah yang menarik dan siap untuk dinikmati.

3. Tips dan Trik

Agar rengginang ketan mekar yang Anda buat memiliki tekstur yang sempurna, berikut adalah beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan beras ketan empuk: Rendam beras ketan dalam air yang cukup hingga benar-benar empuk sebelum diolah.
  • Gunakan minyak yang cukup panas: Pastikan minyak untuk menggoreng rengginang sudah cukup panas agar rengginang mengembang dengan sempurna.
  • Perhatikan ukuran bulatan: Bentuk bulatan ketan sesuai dengan ukuran rengginang yang diinginkan agar rengginang matang merata dan memiliki tekstur yang pas.

4. Variasi Rasa

Anda dapat bereksperimen dengan berbagai variasi rasa untuk rengginang ketan mekar, seperti menambahkan bumbu pedas, keju parut, atau wijen sebagai topping. Hal ini akan memberikan variasi rasa yang menarik dan membuat rengginang semakin lezat.

5. Penyajian

Rengginang ketan mekar dapat disajikan sebagai camilan di berbagai acara, seperti saat kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman. Sajikan rengginang dalam wadah yang cantik untuk meningkatkan selera makan.

Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat rengginang ketan mekar sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button