Rahasia Membuat Kerupuk Nasi yang Kriuk dan Gurih Tanpa Ribet!

Siapa yang tidak suka kerupuk? Salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia ini memiliki berbagai jenis, mulai dari kerupuk udang, kerupuk mie, hingga kerupuk nasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat kerupuk nasi yang lezat dan renyah. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan kerupuk nasi, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

  1. Nasi: 2 mangkuk nasi putih yang sudah matang
  2. Tepung terigu: 1/2 mangkuk
  3. Minyak goreng: secukupnya untuk menggoreng
  4. Garam: secukupnya untuk menambah rasa

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kerupuk nasi yang enak dan renyah:

  1. Haluskan Nasi: Pertama-tama, haluskan nasi putih yang telah matang. Anda bisa menggunakan blender atau chopper untuk membuat nasi menjadi lebih halus.
  2. Tambahkan Tepung Terigu: Setelah nasi halus, tambahkan tepung terigu ke dalam nasi. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  3. Bentuk Adonan: Ambil sedikit adonan nasi dan bentuk bulat atau pipih sesuai dengan selera. Pastikan adonan tidak terlalu tebal agar kerupuk bisa matang dengan sempurna.
  4. Goreng Adonan: Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng adonan nasi hingga berwarna kecoklatan dan mengembang. Angkat dan tiriskan.
  5. Tambahkan Garam: Setelah kerupuk matang, taburkan sedikit garam di atasnya untuk menambah rasa.
  6. Sajikan: Kerupuk nasi siap disajikan sebagai camilan atau pendamping hidangan lainnya. Nikmati dengan sambal atau saus kesukaan Anda.

Tips Tambahan

Untuk hasil kerupuk nasi yang lebih renyah dan enak, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut:

  • Tambahkan Tepung Ketan: Selain tepung terigu, Anda juga bisa menambahkan sedikit tepung ketan untuk membuat kerupuk nasi lebih kenyal.
  • Gunakan Minyak Panas: Pastikan minyak dalam keadaan panas sebelum menggoreng adonan untuk menghasilkan kerupuk yang lebih renyah.
  • Jaga Panas Api: Atur panas api saat menggoreng kerupuk agar tidak gosong namun matang sempurna.
  • Simpan dalam Wadah Tertutup: Agar kerupuk tetap renyah, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah tertutup setelah dingin.

Penutup

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat kerupuk nasi yang lezat dan renyah. Coba buat sendiri di rumah dan nikmati camilan yang satu ini bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button