Rahasia Kulit Flawless: Begini Cara Memakai Serum yang Benar!

Serum wajah merupakan salah satu produk skincare yang memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Dengan begitu, penggunaan serum yang benar dapat memberikan manfaat maksimal pada kulit wajah. Namun, banyak dari kita mungkin masih bingung cara yang tepat untuk menggunakan serum. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara memakai serum yang benar.

1. Pilih Serum yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Saat memilih serum, penting untuk memperhatikan jenis kulit yang kamu miliki. Jika kamu memiliki kulit kering, pilihlah serum yang mengandung bahan-bahan pelembap seperti hyaluronic acid. Sedangkan bagi yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya memilih serum yang mengandung bahan seperti niacinamide untuk mengontrol produksi minyak. Memilih serum yang sesuai dengan jenis kulit akan membantu meningkatkan efektivitas produk pada kulit wajah.

2. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum mengaplikasikan serum, pastikan wajah dalam keadaan bersih. Cuci wajah dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Membersihkan wajah akan membantu serum diserap lebih baik oleh kulit sehingga memberikan manfaat yang optimal. Selain itu, pastikan juga tangan dalam keadaan bersih sebelum mengaplikasikan serum ke wajah.

3. Gunakan Jumlah yang Tepat

Penggunaan serum yang tepat juga termasuk dalam kuantitas atau jumlah yang digunakan. Serum biasanya memiliki konsistensi yang ringan, sehingga cukup gunakan 3-4 tetes serum untuk seluruh wajah. Hindari penggunaan serum dalam jumlah berlebihan karena hal ini tidak akan meningkatkan efektivitas serum, namun justru dapat membuat kulit terasa lengket dan berminyak.

4. Aplikasikan dengan Teknik Pijat Ringan

Saat mengaplikasikan serum, gunakan teknik pijat ringan untuk membantu penyerapan produk. Mulailah mengaplikasikan serum dari bagian tengah wajah lalu secara merata sampai ke bagian luar wajah. Teknik pijat ringan juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di wajah sehingga memberikan efek lebih segar dan bercahaya.

5. Tunggu Hingga Serum Meresap

Setelah mengaplikasikan serum, tunggu beberapa saat hingga serum benar-benar meresap ke dalam kulit. Serum yang baik akan cepat diserap oleh kulit sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama. Jika serum masih terasa lengket di kulit, artinya kamu mungkin menggunakan terlalu banyak jumlah serum atau serum tersebut tidak cocok untuk jenis kulitmu.

6. Lanjutkan dengan Skincare Rutin Lainnya

Sesudah serum meresap ke dalam kulit, lanjutkan dengan skincare rutin lainnya seperti pelembap dan tabir surya. Serum sebaiknya digunakan sebelum pelembap untuk membantu meningkatkan penyerapan pelembap oleh kulit. Jika kamu menggunakan serum di pagi hari, pastikan juga selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

7. Rutin Gunakan Serum

Agar mendapatkan manfaat maksimal dari serum, gunakan serum secara rutin setiap hari. Konsistensi dalam penggunaan serum akan membantu dalam melihat hasil yang lebih baik pada kulit wajah. Serum biasanya dianjurkan untuk digunakan dua kali sehari, pagi dan malam hari, untuk hasil yang optimal.

8. Simpan Serum di Tempat yang Tepat

Untuk menjaga kualitas serum, pastikan untuk menyimpan serum di tempat yang sejuk dan kering. Paparan sinar matahari langsung dapat merusak kualitas serum, sehingga sebaiknya simpan serum di lemari atau laci yang tertutup. Hindari juga menyimpan serum di tempat yang lembap karena hal ini dapat mengurangi khasiat dari serum tersebut.

Penutup

Dengan mengikuti cara memakai serum yang benar, kamu dapat mendapatkan manfaat maksimal dari serum untuk merawat kulit wajah. Pastikan untuk selalu memperhatikan jenis kulit dan pemilihan serum yang sesuai, serta gunakan serum secara rutin untuk hasil yang optimal. Jaga juga kualitas serum dengan menyimpannya di tempat yang tepat. Dengan perawatan yang tepat, kulit wajahmu akan tetap sehat dan bercahaya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button