Rahasia Enaknya! Panduan Lengkap Cara Membuat Sambal Teri yang Bikin Ketagihan

Siapa yang tidak suka dengan sambal teri? Sambal yang pedas dan gurih ini memang menjadi pelengkap yang sempurna untuk makanan Indonesia. Teri yang digoreng kering dan disajikan dengan sambal pedas memang bisa membuat lidah kita bergoyang. Bagi yang ingin mencoba membuat sambal teri sendiri di rumah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan Bahan

Langkah pertama dalam membuat sambal teri adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda perlukan:

  • 200 gram teri medan
  • 15 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air matang 100 ml
  • Minyak untuk menumis

2. Siangi Teri

Langkah kedua adalah menyiangi teri. Anda bisa membeli teri yang sudah dalam keadaan bersih di pasar tradisional atau membersihkannya sendiri di rumah. Pastikan untuk membersihkan teri dengan baik sehingga tidak ada bagian yang masih berlendir.

3. Goreng Teri

Setelah membersihkan teri, langkah selanjutnya adalah menggoreng teri hingga kering. Panaskan minyak dalam wajan dan tumis teri hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan dan kering. Angkat teri dan tiriskan minyaknya.

4. Haluskan Bumbu

Selanjutnya, haluskan bumbu-bumbu seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Anda bisa menggunakan blender atau ulekan untuk menghaluskan bumbu-bumbu tersebut.

5. Tumis Bumbu

Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Tambahkan gula dan garam secukupnya untuk menyesuaikan rasa. Aduk-aduk dan masak hingga bumbu matang.

6. Masukkan Teri

Setelah bumbu matang, masukkan teri yang sudah digoreng kering ke dalam wajan. Aduk rata teri dengan bumbu dan masak sebentar hingga teri terbalut dengan bumbu. Tambahkan air matang 100 ml dan masak hingga bumbu meresap ke dalam teri.

7. Sajikan

Terakhir, sambal teri siap untuk disajikan. Anda bisa menyajikannya sebagai pelengkap nasi, lalapan, atau makanan kesukaan Anda. Selamat mencoba!

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat sambal teri yang lezat dan gurih di rumah. Selamat mencoba dan rasakan sensasi pedas dan gurihnya sambal teri yang Anda buat sendiri.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button