Rahasia Cara Sholat Istikharah yang Harus Anda Ketahui

Sholat Istikharah merupakan sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT ketika seseorang akan mengambil keputusan penting. Sholat ini dapat dilakukan dalam segala hal, baik itu terkait dengan pekerjaan, perkawinan, bisnis, atau hal lainnya. Berikut adalah langkah-langkah cara sholat istikharah yang benar:

1. Niat

Langkah pertama dalam melakukan Sholat Istikharah adalah dengan berniat secara dalam hati untuk melaksanakan sholat ini. Niat harus murni karena Allah SWT semata, tanpa ada unsur-unsur lain seperti pamer atau riya. Niat harus disertai dengan keyakinan dan kesungguhan yang tulus.

2. Waktu yang Tepat

Sholat Istikharah dapat dilakukan kapan saja selama tidak berada di waktu larangan sholat, seperti waktu tergelap (setelah sholat Subuh hingga terbitnya matahari, dan setelah sholat Ashar hingga terbenamnya matahari). Namun, waktu yang disunnahkan untuk melakukan Sholat Istikharah adalah pada malam hari, setelah sholat Isyak.

3. Persiapan dan Wudhu

Sebelum melaksanakan Sholat Istikharah, pastikan untuk melakukan wudhu sesuai dengan tata cara yang benar. Bersihkan diri dan hati dari segala kotoran dan niatkan wudhu untuk ibadah sholat ini.

4. Sholat Tahajud

Sebaiknya sebelum melaksanakan Sholat Istikharah, lakukanlah Sholat Tahajud terlebih dahulu. Sholat Tahajud merupakan ibadah malam yang sangat dianjurkan dan akan menambah kelembutan hati dalam memohon petunjuk kepada Allah SWT.

5. Bertawakal

Sebelum memulai Sholat Istikharah, pastikan hati dan pikiran sudah tenang, dan yakinkan diri bahwa apapun hasilnya adalah yang terbaik menurut Allah SWT. Bertawakallah kepada Allah dalam segala hal, termasuk dalam meminta petunjuk-Nya melalui sholat ini.

6. Doa Istikharah

Setelah melaksanakan Sholat Istikharah, bacalah doa Istikharah sesuai tata cara yang benar. Doa ini bisa membantu kita dalam meminta petunjuk kepada Allah SWT dalam mengambil keputusan. Berikut adalah doa Istikharah yang bisa diamalkan:

  • Bismillahirrohmanirrohim, Alloohumma inni astakhiruka bi’ilmika wa astaqdiroka biqudratika wa as’aloka min fadlikal adzim. Fa’innaka taqdiru walaa aqdir. Wata’lamu walaa a’lamu. Wa anta ‘allamul ghuyub.
  • Alloohumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro khoiron lii fi diinii wa ma’aasyii wa aqibat amrii auqilat amrii wa aajili amrii wa aajilihi faqdurhu lii wa yassirhu lii thumma baarik lii fiih. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fi diinii wa ma’aasyii wa aqibat amrii auqilat amrii wa aajili amrii wa aajilihi fasrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdur liyal khaira haytsu kaana thumma ardhiini.

7. Tawakkal

Setelah melakukan Sholat Istikharah dan membaca doa Istikharah, tawakkallah kepada Allah SWT. Yakinkan hati bahwa Allah akan memberikan petunjuk yang terbaik sesuai dengan kehendak-Nya. Terimalah hasil keputusan tersebut dengan lapang dada, tanpa ada keraguan atau penyesalan.

Kesimpulan

Sholat Istikharah merupakan bentuk doa yang dilakukan untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT dalam mengambil keputusan yang penting. Dengan melaksanakan sholat ini dengan sungguh-sungguh dan tulus, diharapkan Allah akan memberikan petunjuk yang terbaik bagi hamba-Nya. Semoga dengan melakukan Sholat Istikharah, keputusan yang diambil akan membawa kebaikan dan kemudahan dalam hidup ini. Amin.

Demikianlah artikel mengenai cara sholat istikharah. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button