Rahasia Ampuh Mengatasi Beser dengan Mudah dan Efektif!

Beser atau inkontinensia adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat mengendalikan kandung kemihnya dengan baik, sehingga seringnya harus buang air kecil atau kencing tanpa bisa menahan. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Namun, jangan khawatir karena terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi beser. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Mengonsumsi Cukup Cairan

Mengonsumsi cukup cairan adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi beser. Ketika tubuh kekurangan cairan, kandung kemih akan teriritasi dan memicu keinginan untuk buang air kecil lebih sering. Pastikan untuk minum minimal 8 gelas air setiap hari dan hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh, yang dapat memperparah gejala beser.

2. Latihan Otot Panggul

Latihan otot panggul atau Kegel exercises bisa membantu menguatkan otot-otot di sekitar kandung kemih sehingga meningkatkan kontrol atas kencing. Latihan ini bisa dilakukan dengan cara mengencangkan otot panggul selama beberapa detik, kemudian mengendurkannya. Lakukan latihan ini secara rutin untuk hasil yang lebih optimal.

3. Batasi Konsumsi Alkohol dan Merokok

Alkohol dan merokok dapat merusak kesehatan kandung kemih dan memperburuk gejala beser. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi alkohol dan hindari merokok. Jika memungkinkan, sebaiknya hindari kedua kebiasaan ini sama sekali untuk mengurangi risiko beser.

4. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang ideal dapat membantu mengurangi tekanan pada kandung kemih dan otot-otot sekitarnya. Jika Anda mengalami obesitas, segera lakukan program penurunan berat badan yang sehat melalui pola makan sehat dan olahraga teratur untuk mengurangi risiko beser.

5. Hindari Makanan Pedas dan Berbumbu

Makanan pedas dan berbumbu dapat merangsang kandung kemih dan membuat gejala beser menjadi lebih parah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan pedas dan berbumbu serta pilih makanan yang lebih mudah dicerna oleh tubuh.

6. Konsultasi dengan Dokter

Jika gejala beser yang Anda alami terus berlanjut atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan penanganan yang sesuai sesuai dengan kondisi Anda. Bisa jadi, dokter akan meresepkan obat-obatan tertentu atau menyarankan terapi fisik untuk mengatasi beser.

7. Terapi Perilaku dan Terapi Otot Dasar Panggul

Terapi perilaku akan membantu Anda mengidentifikasi faktor pemicu dan pola kencing yang tidak tepat, serta merancang program untuk meningkatkan kontrol atas kandung kemih. Sementara terapi otot dasar panggul akan membantu menguatkan otot-otot panggul sehingga meningkatkan kemampuan untuk menahan kencing.

8. Gunakan Pelindung Khusus

Jika beser terjadi secara tiba-tiba dan sulit dihindari, Anda bisa menggunakan pelindung khusus seperti underpad, popok dewasa, atau pakaian dalam khusus yang dapat menyerap urine dengan baik. Hal ini akan membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan selama mengalami beser.

9. Terapi Listrik untuk Kandung Kemih

Terapi listrik untuk kandung kemih merupakan metode yang mampu merangsang saraf-saraf di sekitar kandung kemih sehingga meningkatkan kontrol atas kencing. Teknologi ini biasanya digunakan sebagai pilihan terakhir jika metode pengobatan lain tidak memberikan hasil yang memuaskan.

10. Tetap Tenang dan Bersabar

Terakhir, yang tak kalah penting adalah menjaga ketenangan dan kesabaran selama mengatasi beser. Proses mengatasi beser mungkin memerlukan waktu dan kesabaran, namun dengan tekad yang kuat dan dukungan dari orang terdekat, Anda pasti bisa mengatasi masalah ini.

Demikianlah sepuluh cara mengatasi beser yang bisa Anda coba terapkan. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda, oleh karena itu penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah beser dengan lebih baik.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button