Mudahnya! Ini Dia Cara Membuat Sambal Tempe yang Bikin Ketagihan!

Siapa yang tidak suka sambal tempe? Sambal yang pedas dan gurih ini menjadi salah satu pelengkap yang sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, sambal tempe juga mudah dibuat di rumah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat sambal tempe yang enak dan pedas.

1. Pilih Bahan-bahan yang Berkualitas

Langkah pertama dalam membuat sambal tempe adalah memilih bahan-bahan yang berkualitas. Berikut adalah bahan-bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan sambal tempe:

  • Tempe: Pilih tempe yang segar dan berkualitas baik. Potong tempe menjadi ukuran kecil untuk memudahkan dalam proses penggorengan.
  • Cabe merah: Gunakan cabe merah besar untuk mendapatkan warna sambal yang lebih merah dan pedas.
  • Bawang putih: Bawang putih akan memberikan aroma dan rasa yang sedap pada sambal tempe.
  • Garam dan gula: Gunakan garam dan gula secukupnya untuk menyeimbangkan rasa sambal.
  • Air: Gunakan air untuk membantu proses penghalusan bahan-bahan sambal.

2. Goreng Tempe hingga Kering

Langkah kedua adalah menggoreng tempe hingga kering. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng potongan tempe hingga kuning keemasan dan kering. Angkat tempe dan tiriskan sisa minyak yang berlebihan.

3. Haluskan Bahan-bahan Sambal

Setelah tempe digoreng, selanjutnya haluskan bahan-bahan sambal. Haluskan cabe merah, bawang putih, garam, dan gula dengan bantuan blender atau ulekan. Tambahkan sedikit air untuk membantu proses penghalusan.

4. Tumis Bumbu Halus

Setelah semua bahan sambal halus, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan tempe yang telah digoreng tadi dan aduk rata. Tumis sambal tempe hingga matang dan berminyak.

5. Cicipi dan Sesuaikan Rasa

Langkah terakhir adalah mencicipi sambal tempe dan sesuaikan rasa sesuai selera. Jika terlalu pedas, tambahkan gula atau garam secukupnya. Jika kurang pedas, tambahkan cabe rawit sesuai selera.

Kesimpulan

Sambal tempe siap disajikan sebagai pelengkap makanan hangat Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat sambal tempe yang enak dan pedas di rumah. Selamat mencoba!

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat membuat sambal tempe yang lezat dan nikmat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button