Mau Tahu Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah? Simak Tipsnya di Sini!

Tikus merupakan salah satu hama yang sering menjadi masalah di rumah atau tempat usaha. Mereka dapat merusak barang, makanan, dan juga menjadi penyebab penyakit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengusir tikus agar mereka tidak berkeliaran di sekitar kita. Berikut adalah beberapa metode yang bisa Anda terapkan:

1. Menggunakan Perangkap Tikus

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk mengusir tikus adalah dengan menggunakan perangkap tikus. Ada berbagai jenis perangkap yang bisa Anda gunakan, mulai dari perangkap lem, perangkap kawat, hingga perangkap listrik. Pilihlah perangkap yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekitar Anda.

2. Membersihkan Lingkungan

Membersihkan lingkungan sekitar rumah atau tempat usaha adalah langkah penting dalam mencegah kedatangan tikus. Pastikan tempat-tempat yang menjadi sumber makanan dan sarang untuk tikus seperti sisa makanan, sampah, atau tumpukan kayu untuk diatasi dengan baik.

3. Menggunakan Bau yang Tidak Disukai Tikus

Tikus tidak suka dengan bau tertentu seperti bau kapur, bau lada, atau bau bawang putih. Anda bisa menggunakan bahan-bahan tersebut untuk membuat campuran atau taburan di sekitar tempat yang sering didatangi tikus. Bau yang tidak disukai tikus akan membuat mereka menjauh dari area tersebut.

4. Menutup Celah atau Lubang

Periksa rumah atau gedung Anda untuk memastikan tidak ada celah atau lubang yang bisa digunakan oleh tikus untuk masuk. Pastikan seluruh lubang atau celah di dinding, lantai, atau atap ditutup rapat agar tikus tidak bisa masuk dengan mudah.

5. Menggunakan Pelet Pengusir Tikus

Pelet pengusir tikus merupakan salah satu cara efektif untuk mengusir tikus dari rumah atau tempat usaha Anda. Pelet tersebut umumnya mengandung bahan yang tidak disukai tikus sehingga mereka akan menjauh dari area yang telah diberi pelet. Pastikan untuk menggunakan pelet pengusir tikus yang aman dan tidak berbahaya bagi manusia.

6. Memasang Lampu Ultrasonik

Lampu ultrasonik adalah perangkat yang dapat menghasilkan gelombang suara ultrasonik yang tidak terdengar oleh telinga manusia namun dapat mengganggu tikus. Anda bisa memasang lampu ultrasonik di sekitar rumah atau tempat usaha untuk mengusir tikus secara efektif.

7. Menggunakan Kucing

Kucing dikenal sebagai predator alami tikus. Jika memungkinkan, memelihara kucing di rumah atau tempat usaha Anda bisa menjadi solusi efektif dalam mengontrol populasi tikus di sekitar Anda. Namun pastikan untuk merawat kucing dengan baik agar mereka tetap aktif dalam memburu tikus.

8. Menggunakan Minyak Peppermint

Minyak peppermint memiliki aroma yang tidak disukai oleh tikus. Anda bisa menggunakan minyak peppermint yang dicampur dengan air dan menyemprotkan campuran tersebut di sekitar rumah atau tempat usaha Anda. Bau minyak peppermint akan membuat tikus menjauh dari area yang telah disemprotkan.

9. Konsultasi dengan Pengendali Hama

Jika Anda mengalami masalah tikus yang serius dan sulit diatasi, sebaiknya konsultasikan dengan pengendali hama profesional. Mereka akan dapat memberikan solusi yang tepat dan efektif sesuai dengan kondisi dan skala masalah tikus yang Anda hadapi.

10. Menjaga Kebersihan secara Teratur

Langkah paling penting dalam mencegah kedatangan tikus adalah dengan menjaga kebersihan secara teratur. Rutin membersihkan rumah atau tempat usaha, menyimpan makanan dengan rapat, dan memastikan tidak ada sisa makanan yang berserakan akan membantu mengurangi kemungkinan datangnya tikus ke area Anda.

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, Anda dapat mengusir tikus secara efektif dari rumah atau tempat usaha Anda. Selalu ingat untuk konsisten dalam menjaga kebersihan dan melakukan tindakan pencegahan agar tikus tidak lagi menjadi masalah bagi Anda.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button