Mau Hilangkan Muka Gatal Setelah Pakai Cream? Begini Caranya!

Cream wajah merupakan salah satu produk kecantikan yang banyak digunakan untuk merawat kulit wajah agar terlihat lebih sehat dan cantik. Namun, tidak jarang pengguna cream wajah mengalami masalah seperti kulit muka gatal akibat penggunaan cream yang tidak cocok. Jika kamu mengalami masalah ini, jangan khawatir. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi muka gatal akibat cream yang bisa kamu coba:

1. Menghentikan Penggunaan Cream

Jika kamu merasa kulit muka gatal setelah menggunakan cream tertentu, segera hentikan penggunaan cream tersebut. Hindari mengoleskan cream pada kulit muka yang sudah gatal, karena hal ini bisa memperparah kondisi kulit.

2. Bilas dengan Air Dingin

Jika kulit muka terasa gatal setelah menggunakan cream, cuci wajah dengan air dingin untuk membantu meredakan gatal dan peradangan pada kulit. Air dingin dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi.

3. Gunakan Pelembap Non-Komedogenik

Setelah membersihkan wajah, gunakan pelembap non-komedogenik yang ringan dan tidak mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Pelembap ini akan membantu menjaga kelembapan kulit tanpa menyebabkan gatal.

4. Konsultasikan dengan Dermatologis

Jika kulit muka terus mengalami gejala gatal dan iritasi setelah penggunaan cream, segera konsultasikan dengan dermatologis atau ahli kulit. Mereka dapat membantu mengidentifikasi penyebab gatal dan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi kulitmu.

5. Hindari Penggunaan Produk yang Mengandung Bahan Berbahaya

Perhatikan kandungan cream wajah yang kamu gunakan, hindari produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti pewangi buatan, alkohol, dan bahan kimia keras lainnya. Pilihlah cream wajah yang mengandung bahan-bahan alami dan aman untuk kulit.

6. Gunakan Bahan Alami sebagai Pengganti Cream

Jika kulit muka terus mengalami gatal akibat cream, cobalah menggunakan bahan alami sebagai pengganti cream. Misalnya, menggunakan minyak kelapa atau lidah buaya sebagai pelembap alami yang aman dan efektif untuk merawat kulit.

7. Jaga Kelembapan Kulit

Selain menggunakan pelembap, jaga kelembapan kulit dengan cara cukup banyak minum air putih, hindari paparan sinar matahari langsung, dan gunakan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung lebih sehat dan tidak mudah gatal.

8. Perhatikan Reaksi Kulit

Setiap kulit memiliki karakteristik yang berbeda-beda, oleh karena itu perhatikan reaksi kulit setelah menggunakan cream tertentu. Jika kulit muka terasa gatal, perih, dan merah setelah penggunaan cream, sebaiknya hentikan penggunaan cream tersebut dan cari alternatif produk yang lebih cocok untuk kulitmu.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, diharapkan kamu dapat mengatasi muka gatal akibat cream dengan lebih efektif. Jangan ragu untuk mencoba beberapa metode yang berbeda dan konsultasikan dengan ahli kulit jika kondisi kulitmu tidak membaik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami masalah kulit muka gatal akibat cream. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button