Inovasi Terbaru! Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Memudahkan Pelaporan Nilai Siswa

Kurikulum Merdeka merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada sekolah dalam merancang kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa. Dalam implementasinya, aplikasi raport juga telah disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka untuk memudahkan pendataan dan pelaporan hasil belajar siswa. Berikut informasi mengenai Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka.

Apa itu Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka?

Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah proses pembuatan raport siswa berdasarkan Kurikulum Merdeka. Aplikasi ini dirancang dengan fitur-fitur yang sesuai dengan filosofi Kurikulum Merdeka, yaitu memberikan kebebasan kepada sekolah untuk menentukan pendekatan dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan menggunakan Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka, sekolah dapat mencatat dan melaporkan capaian belajar siswa secara akurat dan transparan.

Fitur-fitur Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka

Berikut adalah beberapa fitur yang dapat ditemui dalam Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka:

  1. Pendekatan Pembelajaran Fleksibel: Aplikasi ini memungkinkan guru untuk memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, baik itu pendekatan klasik, proyek, kolaborasi, atau lainnya.
  2. Pelacakan Capaian Belajar Siswa: Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pelacakan capaian belajar siswa secara individual, sehingga guru dapat mengetahui perkembangan dan kebutuhan belajar masing-masing siswa.
  3. Laporan Raport Otomatis: Aplikasi ini dapat menghasilkan laporan raport secara otomatis berdasarkan data yang dimasukkan oleh guru, sehingga proses pembuatan raport menjadi lebih efisien.
  4. Integrasi dengan Kurikulum Merdeka: Aplikasi ini terintegrasi dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, sehingga semua data dan informasi yang dihasilkan sesuai dengan filosofi pembelajaran yang diusung.

Manfaat Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka

Implementasi Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka memberikan berbagai manfaat bagi sekolah, guru, siswa, dan orang tua, antara lain:

  • Transparansi Hasil Belajar: Aplikasi ini memungkinkan untuk melihat secara transparan capaian belajar siswa, sehingga semua pihak dapat mengetahui perkembangan dan kebutuhan belajar siswa dengan lebih jelas.
  • Pemetaan Kemampuan Siswa: Dengan fitur pelacakan capaian belajar, guru dapat melakukan pemetaan kemampuan siswa secara lebih mendalam dan akurat, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu masing-masing siswa.
  • Monitoring Proses Pembelajaran: Aplikasi ini juga memungkinkan untuk memantau proses pembelajaran secara lebih efektif, sehingga guru dapat melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala.
  • Memudahkan Komunikasi dengan Orang Tua: Dengan laporan raport yang otomatis, guru dapat lebih mudah berkomunikasi dengan orang tua untuk memberikan informasi mengenai capaian belajar dan perkembangan siswa.

Cara Menggunakan Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka

Untuk menggunakan Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka, sekolah dan guru perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pendaftaran Akun: Sekolah atau guru perlu mendaftarkan akun pada Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka melalui situs resminya.
  2. Pengaturan Kelas dan Siswa: Setelah memiliki akun, guru perlu mengatur kelas dan siswa yang akan dimasukkan ke dalam aplikasi.
  3. Pengisian Data Belajar: Guru perlu mengisi data capaian belajar siswa secara berkala sesuai dengan perkembangan masing-masing siswa.
  4. Generate Laporan Raport: Setelah semua data terisi, guru dapat mengenerate laporan raport dalam bentuk file yang dapat dibagikan kepada siswa dan orang tua.

Kesimpulan

Dengan adanya Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka, proses pembuatan raport siswa dalam konteks Kurikulum Merdeka menjadi lebih efisien dan transparan. Fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi ini memungkinkan sekolah dan guru untuk mengelola data belajar siswa dengan lebih baik, serta memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada semua pihak terkait. Diharapkan dengan menggunakan Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka, pembelajaran dapat menjadi lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button