Inilah Rahasia Cara Membuat Spinner Keren dari Tutup Botol!

Spinner merupakan mainan yang populer di kalangan anak-anak maupun dewasa. Selain bisa dimainkan untuk mengisi waktu luang, spinner juga memiliki manfaat dalam meningkatkan konsentrasi dan mengurangi stres. Namun, harga spinner yang dijual di pasaran terkadang cukup mahal. Maka dari itu, salah satu solusi untuk memiliki spinner dengan biaya yang lebih murah adalah dengan membuatnya sendiri menggunakan bahan yang mudah didapat, seperti tutup botol.

1. Persiapkan Bahan dan Alat

Langkah pertama dalam membuat spinner dari tutup botol adalah menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan. Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • Tutup botol plastik
  • Bearing atau bantalan bola
  • Super glue atau lem kuat

Sedangkan alat yang diperlukan antara lain:

  • Pisau atau gunting
  • Pensil
  • Alat penggiling (opsional)

2. Buatlah Desain Spinner

Langkah selanjutnya adalah membuat desain spinner pada tutup botol plastik. Anda bisa menggunakan pensil untuk menggambar pola yang diinginkan di atas permukaan tutup botol. Pola yang umum digunakan adalah pola tiga lengan atau pola empat lengan. Setelah selesai menggambar, gunting atau potong bagian tutup botol sesuai dengan desain yang telah dibuat.

3. Pasang Bearing atau Bantalan Bola

Setelah memotong tutup botol sesuai dengan desain, langkah berikutnya adalah memasang bearing atau bantalan bola di tengah-tengah tutup botol. Anda dapat menggunakan super glue atau lem kuat untuk menempelkan bearing pada tutup botol. Pastikan bearing dipasang dengan rapi dan tidak goyang agar spinner dapat berputar dengan lancar.

4. Finishing

Setelah memasang bearing, biarkan lem atau super glue mengering selama beberapa saat untuk memastikan hasil pengerjaan yang kuat dan kokoh. Jika diinginkan, anda juga dapat menghias spinner dari tutup botol dengan cat atau stiker sesuai dengan selera anda.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anda dapat dengan mudah membuat spinner dari tutup botol sendiri di rumah. Selain murah, cara ini juga ramah lingkungan karena menggunakan bahan daur ulang dari tutup botol plastik. Selamat mencoba!

Spinner yang anda buat sendiri akan memiliki keunikan tersendiri dan tentunya dapat menjadi barang koleksi yang unik. Tidak hanya itu, proses pembuatannya pun tidak sulit dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan sedikit kreativitas dan kesabaran, anda dapat memiliki spinner buatan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya banyak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mencoba membuat spinner dari tutup botol.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button