Inilah Rahasia Cara Buat Daftar Pustaka yang Tepat dan Mudah untuk Tugas Akademismu!

Daftar Pustaka adalah bagian penting dalam sebuah karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, atau disertasi. Daftar pustaka berfungsi sebagai referensi atau sumber informasi yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat daftar pustaka secara lengkap dan informatif.

1. Mengumpulkan Informasi

Langkah pertama dalam membuat daftar pustaka adalah dengan mengumpulkan informasi mengenai sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Pastikan untuk mencatat dengan teliti informasi seperti nama pengarang, judul buku/artikel, tahun terbit, penerbit, dan lain sebagainya.

2. Menyusun Daftar Pustaka

Setelah mengumpulkan informasi, langkah berikutnya adalah menyusun daftar pustaka sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku. Biasanya, daftar pustaka disusun secara alfabetis berdasarkan nama pengarang. Selain itu, pastikan untuk memisahkan sumber berdasarkan jenisnya, seperti buku, jurnal, atau website.

3. Format Daftar Pustaka

Format daftar pustaka sangat penting untuk memudahkan pembaca dalam menemukan sumber informasi yang digunakan. Berikut adalah contoh format daftar pustaka yang umum digunakan:

  1. Buku:

    Nama Pengarang. (Tahun Terbit). Judul Buku. Penerbit.

  2. Jurnal:

    Nama Pengarang. (Tahun Terbit). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume(Jilid), Halaman.

  3. Website:

    Nama Pengarang. (Tahun Terbit). Judul Artikel. Diakses dari: URL

4. Meninjau Kembali Daftar Pustaka

Setelah menyusun daftar pustaka, pastikan untuk meninjau kembali setiap informasi yang tercantum. Periksa kesesuaian antara format penulisan dengan sumber asli. Pastikan juga tidak ada kesalahan dalam penulisan nama pengarang, judul, tahun terbit, dan lain-lain.

5. Konsultasikan dengan Dosen Pembimbing

Sebelum menyelesaikan daftar pustaka, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dosen pembimbing. Dosen pembimbing dapat membantu mengecek kelengkapan dan keakuratan daftar pustaka yang telah disusun.

6. Contoh Daftar Pustaka

Berikut adalah contoh daftar pustaka sederhana:

  1. Buku:

    Johnson, R.K. (2009). Research Methods in Education. London: SAGE Publications.

  2. Jurnal:

    Smith, J. (2015). The Impact of Technology on Education. Journal of Educational Technology, 25(2), 123-135.

  3. Website:

    Brown, A. (2018). The Future of Online Learning. Diakses dari: www.onlinelearning.com

7. Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat daftar pustaka dengan baik dan benar. Daftar pustaka yang sempurna akan meningkatkan kualitas karya ilmiah Anda dan memberikan referensi yang akurat kepada pembaca. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu dalam proses penulisan karya ilmiah Anda.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button