Inilah Cara Hebat Mengunci Aplikasi Instagram Agar Tetap Aman!

Instagram adalah salah satu media sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat saat ini. Semakin banyak orang yang menggunakan Instagram untuk berbagi foto dan video, sehingga keamanan akun Instagram menjadi semakin penting. Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan akun Instagram adalah dengan mengunci aplikasi Instagram agar tidak sembarang orang bisa mengaksesnya. Berikut ini adalah cara mengunci aplikasi Instagram.

1. Menggunakan Fitur Fingerprint atau Face ID

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengunci aplikasi Instagram di ponsel Anda adalah dengan menggunakan fitur fingerprint atau Face ID yang sudah disediakan oleh sistem operasi ponsel Anda. Dengan fitur ini, hanya sidik jari atau wajah Anda yang terdaftar yang bisa membuka aplikasi Instagram, sehingga orang lain tidak akan bisa mengaksesnya tanpa izin. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan Ponsel Anda
  2. Buka menu pengaturan ponsel Anda dan cari menu keamanan atau privasi.

  3. Pilih Fitur Keamanan Fingerprint atau Face ID
  4. Aktifkan fitur fingerprint atau Face ID yang sudah disediakan oleh ponsel Anda.

  5. Tambahkan Aplikasi Instagram
  6. Pilih aplikasi Instagram dalam daftar aplikasi yang bisa diunci menggunakan fitur fingerprint atau Face ID.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur fingerprint atau Face ID, Anda juga bisa mengunci aplikasi Instagram dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store atau App Store. Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengunci aplikasi Instagram adalah AppLock, Norton App Lock, atau FingerSecurity. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan Pasang Aplikasi Pengunci
  2. Buka Play Store atau App Store, cari aplikasi pengunci yang ingin Anda gunakan, lalu unduh dan pasang di ponsel Anda.

  3. Atur Pola atau PIN
  4. Buka aplikasi pengunci yang sudah diunduh, lalu atur pola atau PIN yang akan digunakan untuk mengunci aplikasi Instagram.

  5. Pilih Aplikasi Instagram
  6. Pilih aplikasi Instagram dalam daftar aplikasi yang ingin Anda kunci menggunakan aplikasi pengunci tersebut.

3. Menambahkan Verifikasi Dua Langkah

Selain mengunci aplikasi Instagram, Anda juga bisa menambahkan lapisan keamanan tambahan dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di akun Instagram Anda. Dengan fitur ini, setiap kali Anda atau orang lain mencoba untuk masuk ke akun Instagram Anda dari perangkat yang belum pernah digunakan sebelumnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS atau email. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi Instagram
  2. Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda dan masuk ke akun Instagram Anda.

  3. Buka Pengaturan Akun
  4. Buka menu pengaturan akun Instagram Anda dan cari menu keamanan atau privasi.

  5. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah
  6. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah dan pilih metode pengiriman kode verifikasi yang diinginkan, apakah melalui SMS atau email.

4. Mengunci Ponsel Anda

Selain mengunci aplikasi Instagram secara khusus, Anda juga bisa meningkatkan keamanan akun Instagram dengan mengunci ponsel Anda secara umum. Dengan mengunci ponsel Anda, orang lain tidak akan bisa mengakses aplikasi Instagram atau data pribadi Anda tanpa izin. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan Ponsel Anda
  2. Buka menu pengaturan ponsel Anda dan cari menu keamanan atau privasi.

  3. Pilih Jenis Kunci Layar
  4. Pilih jenis kunci layar yang diinginkan, seperti pola, PIN, password, fingerprint, atau Face ID.

  5. Atur Waktu Kunci Layar

    Atur waktu kunci layar ponsel Anda, misalnya 1 menit setelah layar mati, untuk meningkatkan keamanan ponsel Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat meningkatkan keamanan akun Instagram Anda dan mencegah orang lain dari mengakses aplikasi Instagram tanpa izin. Selalu ingat untuk tidak memberikan informasi pribadi atau kata sandi kepada orang lain dan selalu mengamankan perangkat Anda dengan fitur keamanan yang ada.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button