Inilah 5 Cara Mudah Screenshot di Laptop yang Harus Kamu Coba Sekarang Juga!

Mungkin di beberapa kesempatan Anda ingin mengambil gambar layar di laptop atau PC Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur yang disebut screenshot. Screenshot merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar layar dan menyimpannya sebagai file gambar. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan screenshot di laptop.

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Print Screen adalah tombol yang umumnya terdapat pada keyboard laptop. Dengan menggunakan tombol ini, Anda dapat mengambil screenshot dari seluruh tampilan layar laptop Anda. Caranya adalah dengan menekan tombol Print Screen di keyboard, kemudian buka program pengolah gambar seperti Paint, lalu tekan Ctrl + V untuk me-rekam gambar layar yang telah diambil. Setelah itu, Anda dapat menyimpan gambar tersebut sesuai keinginan Anda.

2. Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari jendela aktif yang sedang digunakan, Anda dapat menggunakan tombol Alt + Print Screen. Caranya sama seperti sebelumnya, tekan tombol Alt + Print Screen di keyboard, buka program pengolah gambar, lalu tekan Ctrl + V untuk merekam gambar tersebut. Cara ini akan membantu Anda untuk fokus pada satu jendela tanpa harus menyertakan seluruh tampilan layar.

3. Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah program bawaan Windows yang memungkinkan pengguna untuk melakukan screenshot dengan cara yang lebih fleksibel. Anda dapat menentukan area tertentu yang ingin Anda tangkap, kemudian menyimpannya sebagai file gambar. Caranya adalah dengan membuka program Snipping Tool, pilih mode penangkapan (misalnya rectangular, free form, window, atau full-screen), lalu seret kursor Anda untuk menentukan area yang ingin diambil, kemudian simpan hasil tangkapan tadi.

4. Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 8 atau yang lebih baru, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot seluruh layar dengan menekan tombol Windows + Print Screen. Gambar tangkapan layar akan otomatis disimpan dalam folder Pictures > Screenshots. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menggunakan program pengolah gambar tambahan untuk menyimpan gambar tersebut.

5. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Terkadang, fitur bawaan Windows untuk screenshot tidak cukup memenuhi kebutuhan pengguna. Untuk itu, Anda dapat menggunakan software pihak ketiga yang memiliki fitur dan kemampuan yang lebih lengkap. Beberapa contoh software yang populer adalah Lightshot, Greenshot, SnagIt, dan lain sebagainya. Dengan software ini, Anda dapat mengambil screenshot dengan beragam opsi dan kemudahan pengolahan gambar.

6. Sharing Screenshot langsung ke Sosial Media

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda mungkin ingin langsung membagikannya ke media sosial atau platform komunikasi lainnya. Beberapa program memiliki fitur built-in yang memungkinkan Anda untuk membagikan screenshot langsung ke Facebook, Twitter, atau platform lainnya. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi atau gambar layar dengan orang lain tanpa harus menyimpan terlebih dahulu.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara untuk melakukan screenshot di laptop. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari kebutuhan dan preferensi pengguna. Cobalah beberapa cara di atas dan pilihlah yang paling sesuai dengan gaya kerja dan kebutuhan Anda. Screenshot adalah fitur yang sangat berguna dalam berbagai situasi, baik itu untuk keperluan pekerjaan, pembelajaran, ataupun berbagi informasi dengan orang lain.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button