Ini Rahasia Sukses Membuat Petis Enak dan Lezat dengan Mudah!

Petis adalah salah satu jenis bumbu yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Petis memiliki rasa yang khas dan bisa memberikan cita rasa yang lezat pada masakan. Membuat petis sendiri di rumah bisa menjadi pilihan yang baik untuk memastikan kualitas dan kebersihan bahan baku. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat petis yang bisa Anda coba di rumah.

1. Persiapan Bahan-bahan

Sebelum memulai proses pembuatan petis, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk membuat petis:

Bahan-bahan:
– 500 gram terasi
– 200 gram gula merah
– 4 siung bawang putih
– 6 buah cabai rawit
– 1 sendok teh garam
– Air secukupnya

Pastikan semua bahan yang akan digunakan dalam pembuatan petis telah disiapkan dengan baik dan dalam kondisi yang baik pula.

2. Langkah Pembuatan

Setelah semua bahan telah disiapkan, Anda dapat memulai proses pembuatan petis dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Langkah 1: Menyiangi Terasi
– Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiangi terasi. Anda dapat membuang kulit terasi terlebih dahulu sebelum digunakan.
– Setelah itu, sangrai terasi dalam wajan tanpa minyak hingga harum. Angkat dan sisihkan.

Langkah 2: Membuat Bumbu Halus
– Siapkan blender atau ulekan untuk membuat bumbu halus. Tambahkan bawang putih, cabai rawit, gula merah, dan garam ke dalam blender.
– Haluskan semua bahan hingga menjadi pasta halus.

Langkah 3: Membuat Petis
– Masukkan terasi yang telah disiangi ke dalam panci. Tambahkan bumbu halus yang telah dibuat tadi ke dalam panci.
– Aduk rata terasi dan bumbu halus, lalu tambahkan air secukupnya ke dalam panci. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik.
– Masak campuran terasi dan bumbu halus dengan api kecil sambil terus diaduk hingga matang dan tekstur yang diinginkan tercapai.
– Setelah matang, angkat petis dari api dan dinginkan sebelum disajikan atau disimpan.

3. Penyajian Petis

Setelah petis selesai dibuat, Anda bisa menyajikannya sebagai pelengkap bagi berbagai masakan Indonesia. Petis bisa disajikan sebagai sambal tambahan untuk nasi goreng, soto, atau mie rebus. Cita rasa khas petis akan memberikan sentuhan lezat pada masakan Anda.

Sekian informasi mengenai cara membuat petis yang bisa dicoba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button