Ini Rahasia Cara Membuat Tauge yang Super Mudah dan Praktis!

Tauge adalah salah satu jenis sayuran yang sering digunakan sebagai bahan pelengkap dalam masakan Asia. Proses membuat tauge sendiri ternyata cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah dengan peralatan yang sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkah lengkap untuk membuat tauge sendiri:

1. Persiapan Bahan-bahan

Langkah pertama dalam membuat tauge adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, antara lain:

  • Biji Kacang Hijau: Pastikan biji kacang hijau yang digunakan adalah berkualitas baik dan belum terlalu lama disimpan.
  • Air Bersih: Gunakan air bersih sebagai media perendaman biji kacang hijau.

2. Proses Perendaman Biji Kacang Hijau

Setelah bahan-bahan siap, langkah berikutnya adalah merendam biji kacang hijau. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Rendam Biji Kacang Hijau: Masukkan biji kacang hijau ke dalam wadah dan tambahkan air bersih hingga biji kacang hijau terendam sepenuhnya. Biarkan biji kacang hijau merendam selama 6-8 jam.
  2. Buang Air Rendaman: Setelah biji kacang hijau telah merendam selama cukup lama, buang air rendamannya dan bersihkan biji kacang hijau dengan air bersih.

3. Proses Penyimpanan dan Pengembunan

Setelah biji kacang hijau bersih, langkah berikutnya adalah menyimpannya di tempat yang gelap dan terhindar dari sinar matahari langsung. Selama proses penyimpanan, pastikan biji kacang hijau tetap lembab dengan cara berkembunan. Proses pengembunan bisa dilakukan dengan cara:

  • Basahi Biji Kacang Hijau: Sebelum menyimpan biji kacang hijau, pastikan untuk menyemprotkan sedikit air agar tetap lembab.
  • Cover Wadah: Tutup wadah dengan kain bersih untuk menjaga kelembaban biji kacang hijau.

4. Pemantauan dan Perawatan

Selama proses pengembunan, pastikan untuk memantau kondisi biji kacang hijau secara berkala. Jika biji kacang hijau mulai bertunas, berarti proses penanaman tauge sudah berhasil. Selain itu, pastikan juga untuk:

  • Menyiram Biji Kacang Hijau: Jika biji kacang hijau terlihat kering, tambahkan sedikit air untuk menjaga kelembabannya.
  • Memindahkan ke Tempat yang Terkena Cahaya: Setelah biji kacang hijau bertunas, pindahkan tempat penyimpanan ke tempat yang terkena cahaya untuk mempercepat pertumbuhan.

5. Panen dan Konsumsi

Setelah biji kacang hijau berhasil bertunas dan menjadi tauge, tauge siap untuk dipanen dan dikonsumsi. Anda dapat memanen tauge dengan mencabutnya dari biji kacang hijau dan mencucinya dengan air bersih. Tauge siap untuk digunakan sebagai bahan masakan atau untuk dikonsumsi langsung sebagai lalapan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat tauge sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button