Ini Rahasia Cara Bikin Batagor Enak dan Gurih yang Harus Kamu Coba!

Apa itu Batagor?

Batagor singkatan dari baso tahu goreng, adalah makanan khas Indonesia yang terkenal dengan rasa gurih dan pedasnya. Hidangan ini terdiri dari tahu yang diisi dengan adonan bakso ikan dan dilumuri dengan saus kacang pedas. Batagor biasanya disajikan dengan irisan mentimun dan kecap manis sebagai pelengkapnya. Hidangan ini mudah ditemui di warung-warung kaki lima dan restoran di seluruh Indonesia.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  1. Tahu segar, potong menjadi dua bagian dan digoreng hingga kecoklatan.
  2. Bakso ikan yang sudah siap pakai, boleh beli di pasar atau buat sendiri sesuai selera. Potong bakso ikan menjadi kecil-kecil.
  3. Kulit pangsit yang sudah siap pakai, bisa dibeli di supermarket terdekat.
  4. Bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan.
  5. Telur ayam, kocok lepas.
  6. Garam, merica, dan gula secukupnya.
  7. Tepung terigu dan air untuk melarutkan tepung.
  8. Minyak goreng untuk menggoreng batagor.
  9. Kecap manis, saus sambal, dan bawang goreng sebagai pelengkap.

Langkah-Langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat batagor yang enak dan sederhana:

  1. Membuat Adonan Bakso Ikan:
  2. Pertama-tama, campurkan bakso ikan yang sudah dipotong kecil-kecil dengan bawang putih, bawang merah, garam, merica, gula, dan telur ayam. Aduk rata hingga adonan tercampur sempurna.

  3. Menyiapkan Kulit Pangsit:
  4. Ambil selembar kulit pangsit, letakkan adonan bakso ikan di atasnya, lalu bungkus dengan rapi sesuai selera. Gunakan air dan tepung untuk merekatkan ujung kulit pangsit.

  5. Menggoreng Batagor:
  6. Panaskan minyak goreng dalam wajan yang dalam. Goreng batagor hingga kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan.

  7. Menyajikan Batagor:
  8. Sajikan batagor hangat-hangat dengan saus kacang pedas, kecap manis, saus sambal, dan bawang goreng sebagai pelengkap. Anda juga bisa menambahkan irisan mentimun untuk tampilan yang lebih cantik.

Tips Tambahan

Untuk membuat batagor yang lebih lezat, Anda bisa menambahkan daging ayam cincang atau udang cincang ke dalam adonan bakso ikan. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba variasi saus kacang yang berbeda, seperti saus kacang asam pedas atau saus kacang manis.

Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat batagor yang enak dan sederhana di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini bersama keluarga dan teman!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button