Ini Dia Trik Tersembunyi Merekam Telepon Wa Tanpa Aplikasi!

WhatsApp atau yang sering disebut dengan Wa merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Dengan fitur-fitur yang terus berkembang, WhatsApp membuat komunikasi menjadi lebih mudah dan efisien. Salah satu fitur yang sering digunakan oleh pengguna WhatsApp adalah fitur panggilan telepon.

Terkadang, ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin merekam percakapan telepon WhatsApp, entah itu sebagai bukti atau sekedar untuk referensi. Namun, sayangnya, WhatsApp tidak menyediakan fitur bawaan untuk merekam panggilan telepon. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada cara lain yang bisa digunakan untuk merekam telepon WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Berikut adalah caranya:

1. Gunakan Fitur Perekaman Layar

Fitur perekaman layar adalah fitur yang umumnya sudah ada di smartphone. Dengan fitur perekaman layar ini, Anda dapat merekam segala aktivitas yang terjadi di layar ponsel Anda, termasuk panggilan telepon WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Buka percakapan dengan kontak yang ingin Anda rekam teleponnya.
  3. Setelah itu, tekan tombol untuk memulai panggilan telepon.
  4. Selama panggilan berlangsung, buka fitur perekaman layar dengan cara menggeser layar dari bagian atas ke bawah (biasanya tergantung dari smartphone yang Anda gunakan).
  5. Aktifkan fitur perekaman layar dan rekam panggilan telepon WhatsApp Anda.

2. Gunakan Perekam Layar EksternalSelain menggunakan fitur perekaman layar bawaan, Anda juga bisa menggunakan perekam layar eksternal untuk merekam panggilan WhatsApp. Ada banyak aplikasi perekam layar yang dapat Anda unduh di Play Store atau App Store, seperti AZ Screen Recorder, DU Recorder, atau Screen Recorder. Berikut adalah cara menggunakan perekam layar eksternal:

  1. Unduh dan pasang aplikasi perekam layar eksternal yang Anda pilih.
  2. Buka aplikasi perekam layar tersebut.
  3. Atur pengaturan perekaman sesuai kebutuhan Anda, seperti resolusi layar, kualitas rekaman, dan lain sebagainya.
  4. Buka WhatsApp dan buka percakapan dengan kontak yang ingin Anda rekam teleponnya.
  5. Mulai perekaman layar sebelum memulai panggilan telepon WhatsApp.
  6. Selama panggilan berlangsung, aplikasi perekam layar akan merekam aktivitas layar ponsel Anda, termasuk panggilan telepon WhatsApp.

3. Gunakan Perekam Suara

Jika Anda tidak ingin merekam video panggilan WhatsApp, tetapi hanya ingin merekam audionya saja, Anda dapat menggunakan perekam suara yang tersedia di ponsel Anda. Beberapa perekam suara bahkan memiliki fitur perekaman suara panggilan telepon secara otomatis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Cari dan unduh aplikasi perekam suara yang sesuai dengan ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi perekam suara tersebut.
  3. Pastikan perekam suara sudah diatur untuk merekam suara dari panggilan telepon.
  4. Buka WhatsApp dan buka percakapan dengan kontak yang ingin Anda rekam teleponnya.
  5. Mulai perekaman suara sebelum memulai panggilan telepon WhatsApp.
  6. Jika perekaman suara berlangsung, aplikasi akan merekam suara dari panggilan telepon WhatsApp tanpa perlu melakukan perekaman layar.

4. Simpan Panggilan Telepon sebagai Voicemail

Salah satu cara lain untuk merekam telepon WhatsApp tanpa aplikasi tambahan adalah dengan menyimpan panggilan sebagai voicemail. Fitur voicemail memungkinkan Anda untuk merekam pesan suara dan menyimpannya secara otomatis. Berikut adalah caranya:

  1. Saat melakukan panggilan telepon WhatsApp, biarkan panggilan berakhir dan tidak diangkat oleh penerima panggilan.
  2. Setelah panggilan berakhir, Anda akan diberikan opsi untuk meninggalkan pesan suara.
  3. Merekam pesan suara tersebut dan simpan sebagai voicemail.
  4. Voicemail akan tersimpan di dalam kotak masuk voicemail Anda dan dapat didengarkan kapan saja.

5. Gunakan Fitur Perekam Suara di WhatsApp

Terakhir, WhatsApp juga menyediakan fitur perekam suara bawaan yang dapat digunakan untuk merekam suara dari telepon WhatsApp. Fitur ini biasanya digunakan untuk merekam pesan suara, namun dapat juga digunakan untuk merekam panggilan telepon. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka WhatsApp dan buka percakapan dengan kontak yang ingin Anda rekam teleponnya.
  2. Tekan dan tahan ikon mikrofon di sebelah kanan kotak pesan.
  3. Setelah itu, geser ikon kunci ke atas untuk mengunci rekaman suara.
  4. Mulai melakukan panggilan telepon WhatsApp.
  5. Saat panggilan berlangsung, WhatsApp akan merekam suara dari panggilan tersebut.

Dengan menggunakan salah satu dari cara di atas, Anda dapat dengan mudah merekam panggilan telepon WhatsApp tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Namun, pastikan untuk selalu mematuhi aturan privasi dan hukum terkait perekaman telepon agar tidak melanggar hak privasi orang lain.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button