Ini Dia Trik Rahasia Untuk Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja!

Surat izin tidak masuk kerja adalah surat resmi yang dibuat oleh karyawan untuk memberitahukan atasan atau HRD perusahaan bahwa mereka tidak akan dapat hadir bekerja dalam satu atau beberapa hari ke depan. Surat ini biasanya digunakan ketika karyawan sakit, ada urusan mendadak, atau alasan lain yang sah.

Langkah-langkah Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat surat izin tidak masuk kerja:

  1. Isi Identitas Diri
  2. Salah satu hal yang harus ada di surat izin tidak masuk kerja adalah identitas diri Anda. Pastikan untuk mencantumkan nama lengkap, jabatan, dan nomor induk karyawan (jika ada).

  3. Tulis Alasan Tidak Masuk Kerja dengan Jelas
  4. Setelah mencantumkan identitas diri, tulislah alasan Anda tidak bisa masuk kerja dengan jelas. Misalnya, Anda sedang sakit, ada urusan keluarga mendadak, atau ada acara penting yang tidak bisa ditinggalkan.

  5. Tentukan Tanggal Tidak Masuk Kerja
  6. Selanjutnya, tentukan tanggal atau rentang waktu Anda tidak akan masuk kerja. Pastikan untuk mencantumkan tanggal dengan benar agar atasan atau HRD bisa melakukan pengaturan yang diperlukan.

  7. Mohon Maaf dan Ucapkan Terima Kasih
  8. Di bagian akhir surat, jangan lupa untuk meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan akibat ketidakhadiran Anda. Ucapkan juga terima kasih atas pengertian dan kerjasama yang diberikan.

  9. Tanda Tangan dan Tanggal
  10. Terakhir, jangan lupa untuk menandatangani surat izin tidak masuk kerja dan mencantumkan tanggal pembuatan surat. Tanda tangan ini menunjukkan keseriusan Anda dalam membuat surat tersebut.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Berikut adalah contoh surat izin tidak masuk kerja yang bisa Anda gunakan sebagai referensi:

[Nama Anda]

[Jabatan Anda]

[Perusahaan Anda]

[Alamat Perusahaan]

Tanggal: [Tanggal Pembuatan Surat]

Perihal: Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada Yth.,

[Nama Atasan atau HRD]

[Jabatan Atasan atau HRD]

Dengan hormat,

Sehubungan dengan [tuliskan alasan tidak masuk kerja], saya bermaksud untuk tidak dapat hadir bekerja pada tanggal [tanggal tidak masuk kerja]. Oleh karena itu, saya mengajukan izin tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.

Demikian surat izin tidak masuk kerja ini saya buat. Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda]

Penutup

Membuat surat izin tidak masuk kerja merupakan hal yang penting untuk memberitahukan atasan atau HRD perusahaan tentang ketidakhadiran Anda. Pastikan untuk menyusun surat dengan jelas dan sopan serta mencantumkan alasan tidak masuk kerja secara detail.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan contoh surat izin tidak masuk kerja, Anda diharapkan dapat membuat surat tersebut dengan baik dan profesional. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button