Ini Dia Trik Rahasia Menyembunyikan Aplikasi di Smartphone Xiaomi!

Bagi pengguna smartphone Xiaomi, terkadang ada beberapa aplikasi yang ingin disembunyikan agar tidak terlihat oleh orang lain yang meminjam atau menggunakan ponsel tersebut. Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone Xiaomi.

1. Menggunakan Fitur Aplikasi Pembuka

Aplikasi Pembuka adalah fitur bawaan dari MIUI yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aplikasi dengan cara mengunci atau menyembunyikannya di dalam aplikasi tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Pembuka pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  3. Pilih opsi “Sembunyikan Aplikasi” atau “Kunci Aplikasi” sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Konfirmasi dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Dengan menggunakan fitur ini, aplikasi yang telah disembunyikan tidak akan muncul di layar utama ponsel Anda.

2. Menggunakan Fitur Kunci Aplikasi

Kunci Aplikasi adalah fitur keamanan tambahan yang dapat membantu Anda menyembunyikan aplikasi dengan memberikan password atau pola kunci saat membuka aplikasi tersebut. Berikut cara mengaktifkan fitur Kunci Aplikasi:

  1. Pergi ke Pengaturan ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih opsi Keamanan dan Privasi.
  3. Pilih opsi Kunci Aplikasi.
  4. Pilih aplikasi yang ingin Anda kunci dengan password atau pola kunci.
  5. Atur password atau pola kunci yang diinginkan.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna tidak akan dapat membuka aplikasi yang telah dikunci tanpa mengetahui password atau pola kunci yang telah diatur sebelumnya.

3. Menggunakan Fitur Pengaturan Aplikasi

Pengaturan Aplikasi adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aplikasi dengan menonaktifkan tampilan aplikasi tersebut di layar utama ponsel. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Xiaomi.
  2. Pilih opsi Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  4. Pilih opsi Nonaktifkan untuk menyembunyikan aplikasi tersebut.

Dengan menggunakan fitur ini, aplikasi yang telah dinonaktifkan tidak akan muncul di layar utama ponsel Xiaomi Anda.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan dari MIUI, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone Xiaomi. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi:

  1. AppLock: Aplikasi yang dapat membantu pengguna untuk mengunci atau menyembunyikan aplikasi dengan password atau pola kunci.
  2. Hide App-Hide Application Icon: Aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan ikon aplikasi di layar utama ponsel.
  3. Private Zone-AppLock, Video & Photo Vault: Aplikasi yang dapat membantu pengguna untuk menyembunyikan aplikasi, foto, dan video secara aman.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, pengguna dapat memiliki lebih banyak pilihan dalam menyembunyikan aplikasi di smartphone Xiaomi.

5. Menggunakan Fitur Klona Aplikasi

Klona Aplikasi adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat salinan dari aplikasi yang sudah ada di ponsel Xiaomi. Dengan cara ini, pengguna dapat mempersembunyikan aplikasi dengan menggunakan versi klona yang tidak terlihat di layar utama ponsel. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih opsi Pengaturan Lanjutan.
  3. Pilih opsi Klona Aplikasi.
  4. Pilih aplikasi yang ingin Anda kloning.
  5. Buka aplikasi klona yang telah dibuat untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Dengan menggunakan fitur Klona Aplikasi ini, pengguna dapat menyembunyikan aplikasi dengan menggunakan versi klona yang tidak terlihat di layar utama ponsel Xiaomi.

Kesimpulan

Ada berbagai cara yang dapat digunakan oleh pengguna smartphone Xiaomi untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel mereka. Mulai dari menggunakan fitur bawaan seperti Aplikasi Pembuka dan Kunci Aplikasi, hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga dan fitur Klona Aplikasi. Penting untuk mengingat bahwa menyembunyikan aplikasi juga dapat berdampak pada pengalaman pengguna, sehingga disarankan untuk melakukan dengan bijaksana.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button