Blog

Ini Dia Trik Jitu Cara Mematikan Alarm Token Listrik dengan Mudah!

Pada zaman yang serba canggih sekarang ini, penggunaan token listrik telah menjadi hal yang umum di kalangan masyarakat. Token listrik digunakan sebagai alat pembayaran listrik yang memungkinkan pengguna untuk memonitor dan mengontrol penggunaan listrik mereka. Namun, terkadang kita dihadapkan dengan masalah yang cukup menyebalkan, yaitu alarm yang berbunyi ketika saldo token listrik hampir habis. Alarm ini tentu bisa mengganggu kenyamanan kita, terutama jika berbunyi di malam hari. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas secara lengkap cara mematikan alarm token listrik.

1. Periksa dan Catat Kode Aplikasi

Sebelum mematikan alarm token listrik, pertama-tama pastikan Anda memiliki kode aplikasi token listrik yang digunakan. Biasanya kode aplikasi ini terdiri dari beberapa digit yang unik untuk setiap meteran listrik. Catat dengan teliti kode aplikasi yang ada pada token listrik Anda.

2. Masukkan Token Listrik ke Meteran Listrik

Langkah berikutnya adalah memasukkan token listrik ke meteran listrik Anda. Masukkan dengan benar agar token terbaca dengan baik oleh meteran listrik dan melakukan pengecekan jumlah saldo listrik yang tersisa.

3. Cek Status Alarm

Setelah memasukkan token listrik, cek status alarm pada layar meteran listrik Anda. Alarm biasanya akan berbunyi atau muncul peringatan ketika saldo listrik sudah mendekati habis. Periksa dengan seksama apakah alarm telah aktif atau masih dalam kondisi mati.

4. Nonaktifkan Alarm

Jika alarm pada meteran listrik masih aktif, berikut adalah langkah-langkah untuk mematikannya:

  1. Tekan Tombol A/B

    Tekan tombol “A” atau “B” pada meteran listrik untuk masuk ke menu pengaturan. Biasanya tombol ini terletak di bagian samping atau bawah layar meteran.

  2. Masukkan Kode Aplikasi

    Setelah masuk ke menu pengaturan, masukkan kode aplikasi yang telah Anda catat sebelumnya. Pastikan untuk memasukkan kode dengan benar untuk menghindari ketidaknyamanan lainnya.

  3. Pilih Menu Alarm

    Pada menu pengaturan, cari opsi atau menu yang berkaitan dengan alarm. Pilih opsi tersebut untuk melihat pengaturan alarm yang sedang aktif.

  4. Nonaktifkan Alarm

    Di dalam menu alarm, pilih opsi untuk menonaktifkan alarm. Biasanya terdapat pilihan untuk menyalakan atau mematikan alarm pada meteran listrik.

  5. Simpan Pengaturan

    Setelah mematikan alarm, jangan lupa untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda ubah. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang ada pada layar meteran untuk menyimpan pengaturan dengan benar.

5. Periksa Kembali Status Alarm

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, periksa kembali status alarm pada layar meteran listrik Anda. Pastikan bahwa alarm telah berhasil dimatikan dan tidak ada peringatan yang muncul terkait saldo listrik yang hampir habis.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mematikan alarm token listrik dengan mudah dan menghindari gangguan yang ditimbulkan oleh alarm yang berbunyi. Selalu pastikan untuk mengikuti petunjuk dari pihak PLN atau petugas listrik terkait penggunaan token listrik dengan benar. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah alarm pada token listrik. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button