Blog

Ini Dia Tips Ampuh Agar Video Story Wa Kamu Tidak Buram, Tanpa Harus Menggunakan Aplikasi!

WhatsApp adalah salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia, terutama di Indonesia. Salah satu fitur menarik dari WhatsApp adalah fitur Story atau Status, dimana pengguna dapat membagikan foto atau video dalam waktu 24 jam. Namun, terkadang video yang diunggah bisa terlihat buram atau tidak jelas. Untuk itu, berikut ini beberapa cara agar video Story WhatsApp tidak buram tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

1. Pastikan Kualitas Video yang Diambil

Kualitas video yang diambil sangat berpengaruh terhadap hasil akhir. Pastikan ketika mengambil video, Anda berada dalam kondisi pencahayaan yang cukup baik. Hindari pengambilan video dalam kondisi gelap atau terlalu terang, karena hal ini dapat membuat video terlihat buram.

2. Gunakan Stabilizer atau Tripod

Penggunaan stabilizer atau tripod sangat membantu dalam menjaga kestabilan video. Dengan menggunakan stabilizer atau tripod, Anda dapat mengurangi getaran yang bisa membuat video menjadi buram. Kecuali jika ingin mengambil video yang sedang bergerak atau handheld, pastikan untuk tetap menjaga kestabilan tangan Anda.

3. Mengatur Resolusi dan Frame Rate

Resolusi dan frame rate yang digunakan juga berpengaruh terhadap kualitas video. Pastikan untuk mengatur resolusi video sesuai dengan kemampuan kamera ponsel Anda. Pilihlah resolusi yang sesuai agar video tidak terlihat buram. Selain itu, perhatikan juga frame rate yang digunakan. Frame rate yang terlalu rendah dapat membuat video terlihat patah-patah.

4. Jaga Fokus Video

Fokus yang tepat akan membuat video terlihat jelas dan tidak buram. Pastikan saat mengambil video, Anda telah mengatur fokus secara manual atau otomatis agar objek yang diambil tetap terlihat jelas. Hindari pengambilan video dengan fokus yang berubah-ubah, karena hal ini dapat membuat video terlihat buram.

5. Gunakan Fitur Stabilisasi EIS atau OIS

Fitur stabilisasi EIS (Electronic Image Stabilization) atau OIS (Optical Image Stabilization) dapat membantu mengurangi getaran dan membuat video terlihat lebih stabil. Pastikan fitur ini aktif saat mengambil video agar video terlihat lebih jelas dan tidak buram.

6. Perhatikan Komposisi Video

Komposisi video yang baik juga sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil akhir. Pastikan objek utama dalam video berada di tengah atau diatur secara proporsional agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Hal ini dapat membantu video terlihat lebih jelas dan tidak buram.

7. Gunakan Cahaya Tambahan

Jika diperlukan, gunakan cahaya tambahan seperti lampu ring light atau lampu studio untuk meningkatkan pencahayaan. Pencahayaan yang cukup akan membuat video terlihat lebih jelas dan detail, sehingga mengurangi kemungkinan video menjadi buram.

8. Edit Video Secara Sederhana

Jika setelah pengambilan video masih terlihat buram, Anda dapat melakukan sedikit editing secara sederhana. Penambahan sedikit kecerahan, kontras, atau ketajaman pada video dapat membantu mengurangi efek buram. Hindari melakukan editing yang terlalu berlebihan agar tetap terlihat natural.

9. Simpan Video dengan Kualitas Tinggi

Saat menyimpan video sebelum diunggah ke Story WhatsApp, pastikan untuk menyimpannya dalam kualitas tinggi. Hindari penggunaan kompresi yang berlebihan karena dapat menyebabkan video menjadi buram. Pilihlah opsi penyimpanan video dalam kualitas asli atau sesuai dengan kebutuhan.

10. Perhatikan Koneksi Internet

Terakhir, pastikan koneksi internet Anda stabil saat mengunggah video ke Story WhatsApp. Koneksi internet yang tidak stabil dapat menyebabkan video menjadi buram atau terputus saat diunggah. Pastikan untuk menggunakan koneksi Wi-Fi yang stabil atau sinyal data yang cukup kuat.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, Anda dapat membuat video Story WhatsApp Anda terlihat jelas dan tidak buram tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button