Ini Dia Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat yang Harus Anda Ketahui!

Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Sholat ini dilakukan pada waktu terbit matahari hingga sebelum waktu beranjak masuk waktu sholat Dzuhur. Sholat Dhuha dianjurkan untuk dilakukan dengan jumlah rakaat yang tidak terbatas, namun salah satu yang populer adalah sholat Dhuha 4 rakaat. Berikut adalah tata cara sholat Dhuha 4 rakaat secara lengkap:

1. Niat Sholat Dhuha 4 Rakaat

Pertama-tama, sebelum memulai sholat Dhuha, hendaknya kita berniat secara dalam hati untuk melaksanakan sholat Dhuha 4 rakaat karena Allah semata. Niat ini harus murni karena Allah SWT semata, tanpa ada unsur lain di dalamnya.

2. Membaca Niat Sholat Dhuha

Setelah berniat, bacalah niat sholat Dhuha dalam hati. Misalnya, “Aku niat sholat Dhuha empat rakaat karena Allah SWT”. Ingatlah bahwa niat sholat harus murni karena Allah semata.

3. Memulai Sholat dengan Takbiratul Ihram

Setelah niat dibaca, mulailah sholat Dhuha dengan takbiratul ihram. Angkatlah kedua tangan sejajar telinga sambil membaca “Allahu Akbar”. Ini menandakan bahwa kita mulai sholat dan semua aktivitas kita saat itu hanya diperuntukkan kepada Allah SWT.

4. Melaksanakan Rakaat Pertama

  1. Bacaan pada rakaat pertama adalah Surah Al-Fatihah dan sebuah surah pilihan. Misalnya, Surah Al-Ikhlas.
  2. Setelah itu, ruku’ dan sujud seperti dalam sholat yang lain.
  3. Setelah sujud kedua selesai, duduk tasyahud awal dan akhir. Kemudian salam.

5. Melanjutkan ke Rakaat Berikutnya

  1. Setelah salam rakaat pertama, bangkitlah untuk melaksanakan rakaat kedua. Bacalah Surah Al-Fatihah dan surah pilihan pada rakaat kedua.
  2. Lakukan ruku’ dan sujud seperti biasa.
  3. Setelah selesai sujud kedua, duduk tasyahud awal dan akhir lalu salam.

6. Menyelesaikan Sholat Dhuha

Setelah menyelesaikan dua rakaat pertama, lanjutkan sholat Dhuha 4 rakaat dengan melaksanakan dua rakaat terakhir. Lakukan langkah-langkah yang sama seperti pada dua rakaat pertama hingga selesai.

Demikianlah tata cara sholat Dhuha 4 rakaat yang dapat anda praktikkan dalam ibadah sehari-hari. Ingatlah bahwa sholat Dhuha adalah ibadah sunnah yang penuh berkah, sehingga jangan pernah tinggalkan kesempatan untuk melaksanakannya.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button