Ini Dia Rahasia Membuat Terang Bulan Mini yang Lezat dan Menggoda!

Terang bulan mini adalah sejenis kue tradisional yang populer di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan manis, serta biasanya disajikan dalam ukuran kecil yang mudah untuk disantap. Jika Anda ingin mencoba membuat terang bulan mini di rumah, berikut adalah langkah-langkahnya.

Resep Terang Bulan Mini

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat terang bulan mini:

Bahan-bahan:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 50 gram tepung maizena
  3. 100 gram gula pasir
  4. 1 sendok teh ragi instan
  5. 1/2 sendok teh baking powder
  6. 1 butir telur
  7. 350 ml air hangat
  8. 50 ml santan kental
  9. 1 sendok makan margarin, lelehkan
  10. Secukupnya pasta pandan
  11. Secukupnya wijen
  12. Secukupnya skm coklat

Cara Membuat:

1. Campurkan Bahan-bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, tepung maizena, gula pasir, ragi instan, dan baking powder dalam sebuah wadah. Aduk rata semua bahan kering tersebut.

2. Tambahkan Telur dan Air

Selanjutnya, masukkan telur ke dalam campuran bahan kering tadi. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur dengan baik.

3. Tambahkan Santan dan Margarin

Setelah adonan tercampur dengan baik, tambahkan santan kental dan margarin yang telah dilelehkan. Aduk rata hingga adonan menjadi lembut dan tidak bergerindil.

4. Bagi Adonan

Bagi adonan menjadi beberapa bagian, sesuai dengan berapa banyak varian rasa yang ingin Anda buat. Misalnya, jika Anda ingin membuat terang bulan mini rasa pandan dan coklat, bagi adonan menjadi dua bagian.

5. Tambahkan Pewarna dan Aroma

Tambahkan pasta pandan ke salah satu bagian adonan, dan tambahkan skm coklat ke bagian lainnya. Aduk rata hingga pasta pandan dan skm coklat merata di dalam adonan.

6. Panggang Adonan

Panaskan cetakan terang bulan mini dan olesi dengan sedikit margarin. Tuangkan adonan ke dalam cetakan, tambahkan wijen sebagai hiasan di atasnya. Panggang adonan hingga matang dengan api kecil.

7. Angkat dan Sajikan

Setelah matang, angkat terang bulan mini dari cetakan dan biarkan sedikit mendingin sebelum disajikan. Terang bulan mini siap disantap sebagai camilan atau oleh-oleh.

Penutup

Demikianlah cara membuat terang bulan mini yang lezat dan mudah untuk Anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button