Ini Dia Rahasia Membuat Rujak Buah yang Lezat dan Segar, Simak Triknya!

Rujak buah merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer. Rujak buah terdiri dari berbagai jenis buah-buahan yang dicampur dengan bumbu rujak yang pedas dan manis. Rasanya yang segar dan nikmat membuat rujak buah menjadi camilan favorit banyak orang, terutama saat cuaca panas.

Jika Anda ingin mencoba membuat rujak buah sendiri di rumah, berikut adalah langkah-langkah dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat rujak buah yang enak dan segar.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • Buah-buahan: Pisang, mangga muda, nanas, bengkoang, kedondong, jambu, atau buah-buahan lain sesuai selera
  • Bumbu rujak: Cabai rawit, gula merah, terasi, garam, air jeruk nipis, air asam jawa
  • Bahan pelengkap: Tauge, kerupuk, kacang tanah goreng

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Siapkan Buah-buahan

Potong buah-buahan yang sudah disiapkan menjadi bentuk potongan yang sesuai dengan selera. Pastikan buah-buahan yang dipilih masih segar untuk hasil yang terbaik.

2. Membuat Bumbu Rujak

– Haluskan cabai rawit, gula merah, terasi, dan garam hingga tercampur rata.
– Tambahkan air jeruk nipis dan air asam jawa secukupnya untuk memberikan rasa asam segar pada bumbu.

3. Campurkan Buah dengan Bumbu

Campurkan potongan buah-buahan dengan bumbu rujak yang sudah dibuat. Aduk hingga bumbu merata menempel pada buah-buahan.

4. Penyajian

Sajikan rujak buah yang sudah matang dengan taburan tauge, kerupuk, dan kacang tanah goreng sebagai pelengkap. Selamat menikmati rujak buah yang segar dan lezat!

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat rujak buah sendiri di rumah. Rasa yang segar dan bumbu yang pedas dan manis akan membuat rujak buah buatan Anda menjadi camilan favorit dalam keluarga.

Selamat mencoba! Semoga berhasil.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button