Ini Dia Rahasia Cara Sholat Ashar yang Tidak Boleh Anda Lewatkan!

Sholat Ashar adalah salah satu dari lima waktu sholat yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Sholat Ashar dilakukan pada waktu sore sebelum matahari terbenam. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai Cara Sholat Ashar.

1. Persiapan Sebelum Sholat Ashar

Sebelum melaksanakan sholat Ashar, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan, antara lain:

  • Berwudhu: Pastikan Anda telah melakukan wudhu secara sempurna sebelum melaksanakan sholat Ashar. Wudhu merupakan syarat sah sholat.
  • Berpakaian Sopan: Kenakan pakaian yang bersih dan menutup aurat dengan baik sebelum melaksanakan sholat Ashar.
  • Memilih Tempat Sholat: Pilihlah tempat yang bersih dan tenang untuk melaksanakan sholat Ashar agar dapat khusyuk dalam beribadah.

2. Niat Sholat Ashar

Sebelum memulai sholat Ashar, sebaiknya membuat niat terlebih dahulu. Niat sholat Ashar harus disertakan dalam hati tanpa didengungkan suara. Niat tersebut merupakan suatu keharusan agar sholat yang dilakukan sesuai dengan ajaran Islam.

3. Rukun Sholat Ashar

Setelah niat sholat Ashar, langkah selanjutnya adalah menjalankan rukun-rukun sholat Ashar. Berikut merupakan rukun-rukun sholat Ashar yang harus diperhatikan:

  • Niat: Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Standing (Qiyam): Berdiri tegak dan khusyuk dalam melaksanakan sholat Ashar.
  • Rukuk: Rukuk merupakan gerakan membungkuk dalam sholat Ashar. Pastikan posisi rukuk dilakukan dengan benar.
  • Sujud: Sujud adalah posisi menyentuhkan dahi dengan tanah. Lakukan sujud dengan penuh khusyuk.
  • Duduk diantara dua sujud: Duduk sejenak setelah sujud pertama sebelum melanjutkan sujud kedua.

4. Doa dan Bacaan dalam Sholat Ashar

Selain rukun-rukun sholat, terdapat pula doa dan bacaan-bacaan yang harus dilakukan dalam sholat Ashar. Berikut beberapa doa dan bacaan yang biasa dilakukan:

  • Doa Qunut: Doa Qunut dilakukan setelah ruku dalam sholat Ashar. Doa ini merupakan doa untuk memohon perlindungan dan rahmat Allah SWT.
  • Surat-surat pendek: Bacaan Al-Quran seperti Surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek lainnya wajib dibaca dalam sholat Ashar.
  • Takbir: Takbir adalah gerakan mengangkat tangan dan mengucapkan kalimat Allahu Akbar pada awal sholat Ashar.

5. Mengakhiri Sholat Ashar

Setelah menyelesaikan rukun-rukun dan bacaan dalam sholat Ashar, langkah terakhir adalah mengakhiri sholat dengan melakukan salam. Salam ditujukan ke kanan dan kiri sebagai tanda berakhirnya sholat.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Sholat Ashar. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan umat Muslim dapat melaksanakan sholat Ashar dengan baik sesuai dengan ajaran Islam.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan mengenai tata cara sholat Ashar. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button