Ini Dia Rahasia Cara Sembunyikan Aplikasi Di Xiaomi, Bikin Smartphone Kamu Makin Privat!

Di era digital seperti sekarang ini, smartphone telah menjadi bagian penting dalam hidup sehari-hari. Tak heran jika kita menyimpan banyak sekali aplikasi di dalamnya untuk berbagai keperluan. Namun, ada kalanya kita ingin menyembunyikan beberapa aplikasi agar tidak terlihat oleh orang lain. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi dengan mudah dan cepat.

1. Menggunakan Fitur Bawaan MIUI

Xiaomi sebagai salah satu produsen smartphone terkenal telah menyediakan fitur bawaan dalam antarmuka pengguna MIUI untuk menyembunyikan aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Security (Keamanan) di Xiaomi Anda.
  2. Pilih opsi App Lock.
  3. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dengan menekan tombol Edit.
  4. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dan tekan tombol Hide.

Dengan mengikuti langkah di atas, aplikasi yang Anda pilih akan disembunyikan dari layar utama smartphone Anda dan hanya bisa diakses setelah memasukkan kata sandi yang telah ditentukan sebelumnya.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan MIUI, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi di Xiaomi. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Hide App-Hide Application Icon.

  1. Unduh dan pasang aplikasi Hide App-Hide Application Icon dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut dan atur kata sandi untuk masuk ke dalamnya.
  3. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dengan mencentang kotak di sebelah kanan aplikasi tersebut.
  4. Selesai, aplikasi yang Anda pilih akan disembunyikan dari tampilan utama smartphone Anda.

Kelebihan menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah kemudahan penggunaannya dan fitur tambahan seperti mengunci aplikasi dengan pola atau PIN untuk meningkatkan keamanan.

3. Menggunakan Fitur App Lock

Xiaomi juga menyediakan fitur App Lock yang dapat membantu Anda untuk menyembunyikan aplikasi dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Security (Keamanan) di Xiaomi Anda.
  2. Pilih opsi App Lock.
  3. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dengan menekan tombol Edit.
  4. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dan tekan tombol Hide.

Fitur App Lock pada Xiaomi tidak hanya berguna untuk menyembunyikan aplikasi, tetapi juga dapat digunakan untuk mengunci aplikasi dengan pola atau PIN sehingga hanya Anda yang bisa mengaksesnya.

4. Menggunakan Fitur Dual Apps

Fitur Dual Apps pada Xiaomi memungkinkan pengguna untuk membuat salinan aplikasi yang sudah terinstal. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menyembunyikan aplikasi di Xiaomi dengan membuat salinan aplikasi dan menyembunyikannya di folder tersembunyi.

  1. Buka Pengaturan Xiaomi Anda.
  2. Pilih opsi Dual Apps di bagian Pengaturan tambahan.
  3. Pilih aplikasi yang ingin disalin.
  4. Selesai, salinan aplikasi tersebut akan tersembunyi di folder tersembunyi yang hanya bisa diakses setelah memasukkan kata sandi atau sidik jari.

Dengan menggunakan fitur Dual Apps, Anda bisa menyembunyikan aplikasi tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga tambahan.

5. Menggunakan Fitur Clone Apps

Selain Dual Apps, Xiaomi juga memiliki fitur Clone Apps yang mirip. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat salinan dari aplikasi yang sudah terinstal untuk keperluan tertentu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan Xiaomi Anda.
  2. Pilih opsi Clone Apps di bagian Pengaturan tambahan.
  3. Pilih aplikasi yang ingin disalin.
  4. Selesai, Anda akan memiliki salinan aplikasi yang bisa disembunyikan di folder tersembunyi.

Dengan menggunakan fitur Clone Apps, Anda bisa menyembunyikan aplikasi dengan membuat salinan tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Kesimpulan

Membuat privasi dalam penggunaan smartphone menjadi hal yang penting bagi kebanyakan orang. Dengan menyembunyikan aplikasi di Xiaomi, Anda bisa menjaga privasi Anda dari orang lain yang mungkin menggunakan smartphone Anda.

Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Apakah menggunakan fitur bawaan MIUI, aplikasi pihak ketiga, atau fitur tambahan seperti Dual Apps dan Clone Apps. Pastikan untuk mengatur kata sandi atau pola yang kuat untuk menjaga keamanan aplikasi yang disembunyikan tersebut.

Dengan mengikuti salah satu cara di atas, Anda bisa dengan mudah menyembunyikan aplikasi di Xiaomi tanpa perlu khawatir akan privasi Anda.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button