Ini Dia Rahasia Cara Mengatur Spasi Di Word Android yang Bikin Dokumenmu Lebih Rapi!

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer digunakan oleh banyak orang. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuat dan mengedit dokumen dengan mudah. Namun, seringkali pengguna merasa bingung ketika harus mengatur spasi antar paragraf atau di antara kata-kata dalam dokumen. Jika Anda merupakan pengguna Word di perangkat Android dan ingin tahu cara mengatur spasi dengan tepat, simaklah informasi berikut ini.

1. Mengatur Spasi Antara Paragraf

Saat mengetik dokumen, seringkali Anda ingin mengatur spasi antara paragraf agar terlihat rapi dan mudah dibaca. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur spasi antara paragraf di Word Android:

a. Pilih Paragraf yang Ingin Diatur Spasinya

Pertama-tama, pilihlah paragraf atau teks yang ingin Anda atur spasi antar paragrafnya. Caranya, tahan jari Anda pada layar perangkat Android dan seretlah kursor hingga mencakup teks yang diinginkan.

b. Masuk ke Menu Spasi

Setelah Anda memilih paragraf tersebut, carilah menu yang menyediakan opsi untuk mengatur spasi. Biasanya, menu ini berada di bagian atas layar dan berbentuk garis horizontal dengan panah ke atas dan ke bawah. Ketuklah menu tersebut untuk melanjutkan pengaturan.

c. Tentukan Jarak Spasi yang Diinginkan

Selanjutnya, pilihlah opsi spasi yang diinginkan, seperti single, 1.5 lines, double, atau lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan dokumen Anda. Setelah itu, tap pada pilihan tersebut untuk menyimpan perubahan.

2. Mengatur Spasi di Antara Kata

Selain mengatur spasi antara paragraf, Anda mungkin juga perlu untuk mengatur spasi di antara kata-kata dalam dokumen. Berikut adalah cara untuk melakukan hal tersebut:

a. Pilih Teks yang Ingin Diatur Spasinya

Seperti saat mengatur spasi antara paragraf, Anda juga perlu memilih teks yang ingin diatur spasi di antara katanya. Caranya sama, tahan dan seretlah kursor hingga mencakup teks yang diinginkan.

b. Pilih Menu Spasi

Selanjutnya, temukan menu yang menyediakan opsi untuk mengatur spasi di antara kata-kata. Ketuklah menu tersebut untuk melihat pilihan yang tersedia.

c. Atur Jarak Spasi yang Diinginkan

Pilihlah opsi spasi yang diinginkan, seperti 1.0, 1.5, atau 2.0, sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, tap pada opsi tersebut untuk menyimpan pengaturan.

3. Menggunakan Shortcut Keyboard

Untuk mempermudah pengaturan spasi di Word Android, Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard. Berikut adalah beberapa shortcut yang berguna untuk mengatur spasi:

a. Increase Line Spacing

Untuk meningkatkan jarak spasi antar baris, Anda dapat menggunakan shortcut “Ctrl + 1.5” atau “Ctrl + 2.0” tergantung pada besarnya spasi yang diinginkan.

b. Decrease Line Spacing

Sebaliknya, jika Anda ingin mengurangi jarak spasi antar baris, Anda bisa menggunakan shortcut “Ctrl + 1.0”.

c. Spasi Ganda

Untuk mengatur spasi ganda antara baris, Anda dapat menggunakan shortcut “Ctrl + 2.0”.

4. Memformat Spasi Secara Otomatis

Jika Anda sering menggunakan format spasi yang sama dalam dokumen Anda, Word Android juga menyediakan fitur untuk memformat spasi secara otomatis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Buka Menu Format

Pertama, buka menu format yang terletak di bagian atas layar. Ketuklah menu tersebut untuk melihat opsi-opsi yang tersedia.

b. Pilih Opsi Spasi

Setelah masuk ke menu format, carilah opsi spasi atau line spacing. Pilihlah opsi tersebut untuk melihat pilihan-pilihan yang dapat Anda gunakan.

c. Atur Format Spasi

Di dalam opsi spasi, Anda dapat mengatur format spasi yang diinginkan, seperti single, 1.5 lines, double, atau lainnya. Pilihlah format yang sesuai dengan dokumen Anda.

5. Menyimpan Pengaturan Spasi

Setelah Anda mengatur spasi di Word Android, pastikan untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan. Caranya sangat mudah, cukup ketuk tombol Save atau tombol dengan ikon floppy disk untuk menyimpan dokumen.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatur spasi di Word Android dengan mudah dan cepat. Pastikan untuk sesuaikan spasi sesuai dengan kebutuhan dokumen Anda agar terlihat rapi dan profesional. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam menggunakan aplikasi Word di perangkat Android. Terima kasih!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button