Ini Dia Rahasia Cara Membuat Pisang Lumer Kekinian yang Bikin Meleleh!

Pisang lumer kekinian adalah salah satu varian pisang goreng yang sedang populer belakangan ini. Kudapan yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih, cocok disantap sebagai camilan di siang atau malam hari. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat pisang lumer kekinian sendiri di rumah, berikut ini adalah langkah-langkah dan resep yang dapat Anda ikuti.

1. Persiapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat pisang lumer kekinian, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah beberapa bahan yang biasanya digunakan:

  • Pisang raja matang
  • Tepung terigu
  • Tepung beras
  • Gula pasir
  • Vanila bubuk
  • Garam
  • Air es
  • Topping (cokelat meises, meses, keju parut, dll)
  • Minyak untuk menggoreng

2. Langkah Membuat Adonan

Langkah selanjutnya adalah membuat adonan untuk melapisi pisang sebelum digoreng. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Kupas pisang raja dan potong-potong sesuai selera
  2. Campurkan tepung terigu, tepung beras, gula pasir, vanila bubuk, dan garam dalam sebuah wadah
  3. Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk hingga adonan memiliki tekstur yang kental namun tetap mengalir

3. Celupkan Pisang ke Adonan

Selanjutnya, celupkan potongan pisang ke dalam adonan yang telah Anda buat tadi. Pastikan pisang terbalut secara merata oleh adonan.

4. Goreng Pisang

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng pisang hingga berwarna keemasan dan tekstur luar menjadi renyah. Angkat pisang dan tiriskan.

5. Penyajian Pisang Lumer Kekinian

Saat menyajikan pisang lumer kekinian, Anda dapat menambahkan berbagai macam topping sesuai selera. Beberapa pilihan topping yang umum digunakan antara lain cokelat meises, meses, atau keju parut. Taburkan topping di atas pisang lumer sebelum disajikan.

6. Tips Tambahan

Untuk mendapatkan hasil pisang lumer kekinian yang sempurna, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut:

  • Gunakan pisang yang benar-benar matang: Pisang matang akan memberi rasa manis alami pada pisang lumer Anda.
  • Pilih tepung terigu berkualitas bagus: Tepung terigu yang berkualitas bagus akan membuat tekstur pisang lumer lebih lembut.
  • Perhatikan suhu minyak: Pastikan suhu minyak yang digunakan untuk menggoreng pisang stabil agar pisang matang secara merata dan tidak terlalu cepat gosong.
  • Jangan terlalu banyak mengaduk adonan: Mengaduk adonan terlalu banyak dapat membuat tekstur pisang lumer menjadi keras.

7. Variasi Pisang Lumer Kekinian

Selain topping yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa bereksperimen dengan berbagai variasi pisang lumer kekinian. Beberapa ide variasi yang bisa Anda coba antara lain:

  1. Pisang Lumer Nutella: Taburkan Nutella cair di atas pisang lumer untuk menambah rasa cokelat yang lezat.
  2. Pisang Lumer Oreo: Hancurkan Oreo dan taburkan di atas pisang lumer bersama dengan meses atau keju parut.
  3. Pisang Lumer Keju: Gunakan keju cheddar parut sebagai topping untuk memberi rasa gurih pada pisang lumer Anda.
  4. Pisang Lumer Matcha: Taburkan bubuk matcha di atas pisang lumer dan tambahkan meses hijau untuk variasi rasa yang unik.

Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat pisang lumer kekinian yang lezat dan nikmat di rumah. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button