Ini Dia Rahasia Cara Membuat Pancake Simple yang Bikin Ketagihan!

Pancake Simple

Pancake merupakan salah satu jenis kue dadar yang terbuat dari adonan terigu, telur, susu, dan baking powder. Biasanya disajikan bersama dengan sirup maple, madu, atau selai. Pancake dapat dijadikan sebagai hidangan sarapan yang praktis dan lezat. Berikut ini adalah cara membuat pancake simple yang dapat Anda coba di rumah.

1. Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat pancake, pastikan Anda menyiapkan semua bahan yang diperlukan, antara lain:

  • 2 butir telur
  • 1 gelas susu cair
  • 1 1/2 gelas tepung terigu
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan mentega, lelehkan
  • Minyak untuk menggoreng

2. Langkah-Langkah Pembuatan

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat pancake simple:

1. Campurkan Bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata semua bahan kering tersebut.

2. Campurkan Bahan Basah

Selanjutnya, kocok telur dalam mangkuk lain hingga berbusa. Tambahkan susu cair dan mentega cair ke dalam telur yang telah dikocok. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.

3. Campurkan Bahan Kering dan Bahan Basah

Tuangkan campuran bahan basah ke dalam campuran bahan kering sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi halus dan tanpa gumpalan.

4. Panaskan Wajan

Panaskan wajan dengan api sedang. Oleskan sedikit minyak atau mentega ke permukaan wajan agar adonan pancake tidak lengket saat digoreng.

5. Tuangkan Adonan ke Dalam Wajan

Tuangkan adonan pancake ke dalam wajan dengan menggunakan sendok sayur. Biarkan adonan membentuk bulatan memanjang sesuai dengan selera.

6. Goreng Pancake

Goreng pancake hingga bagian bawahnya berwarna cokelat keemasan. Balik pancake menggunakan spatula dan goreng sisi lainnya hingga matang sempurna.

7. Angkat dan Sajikan

Ambil pancake dari wajan dan letakkan di piring saji. Ulangi proses hingga adonan pancake habis. Sajikan pancake hangat dengan topping sesuai selera seperti madu, selai, atau buah-buahan.

3. Tips Membuat Pancake yang Lezat

Agar pancake yang Anda buat menjadi lezat dan empuk, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  • Gunakan susu cair dan telur dalam suhu ruangan: Sebelum digunakan, pastikan susu cair dan telur telah berada dalam suhu ruangan agar adonan lebih merata.
  • Jangan terlalu banyak mengaduk adonan: Aduk adonan pancake secukupnya hingga semua bahan tercampur dengan baik. Terlalu banyak mengaduk adonan akan membuat pancake keras.
  • Pemanasan wajan yang tepat: Pastikan wajan telah cukup panas sebelum menuangkan adonan pancake. Hal ini akan membuat pancake matang secara merata dan tidak lengket.
  • Tambahkan bahan tambahan: Untuk variasi rasa, tambahkan potongan buah-buahan, kacang-kacangan, atau cokelat ke dalam adonan pancake sebelum menggoreng.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat membuat pancake simple yang lezat dan empuk di rumah. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button